Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng ITDC, Volta Sediakan Layanan Sewa Motor Listrik di Kawasan KTT G20

Kompas.com - 09/11/2022, 10:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk menandatangani perjanjian kerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menyediakan layanan sewa motor listrik di Kawasan Nusa Dua, Bali, yang merupakan kawasan diselenggarakannya KTT G20.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati menuturkan, bebas emisi merupakan sebuah komitmen yang telah disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk menciptakan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan.

"Untuk itu, ITDC juga berkomitmen untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon di kawasan pariwisata yang dikelola sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan. Hal tersebut memang tidak mudah tetapi berkat kerja sama semua pihak dengan ITDC kami yakin hal ini dapat kami wujudkan," ujarnya melalui pernyataan tertulis, dikutip Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Ojek Motor Listrik Jadi Angkutan Pengumpan di Kawasan KTT G20

Saat ini, lanjut Ari, ITDC tengah mengembangkan dan mengelola Kawasan Pariwisata The Mandalika dan Tana Mori.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung komitmen net zero emission ini," ucapnya.

Volta sebagai penyedia kendaraan listrik, akan menyediakan armada motor listrik dengan teknologi IoT (Internet of Things) yang terintegrasi dengan aplikasi sehingga dapat memudahkan penyewaan dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi setiap pengendara.

Melalui kerja sama ini, akses motor listrik Volta di area Nusa Dua akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar. Karena Volta dan ITDC akan melakukan penyebaran titik penyewaan motor listrik di Bali.

Chief Executive Officer Volta, Iwan Suryaputra mengatakan, kerja sama yang terjalin ini adalah langkah untuk mendukung isu prioritas G20 yakni transisi energi berkelanjutan. Di mana Volta meyakini bahwa transisi energi berkelanjutan harus terjangkau, dan bisa diakses oleh semua orang.

Baca juga: Menperin: Capai Target Produksi 2 Juta Motor Listrik Tidak Terlalu Sulit

Selain itu, terjalinnya kerja sama tersebut bentuk dukungan penuh Volta untuk mewujudkan target net zero emission yang digaungkan pemerintah, melalui transisi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke penggunaan kendaraan listrik ramah lingkungan yang lebih bersih.

"Maka dari itu, kami menyediakan layanan sewa motor listrik Volta agar seluruh masyarakat khususnya di kawasan Nusa Dua Bali ini bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih ramah lingkungan. Bukan hanya di momentum G20 saja, kami mengharapkan setelah G20 juga masyarakat tetap bisa mengakses penggunaan motor listrik dengan mudah," kata Iwan.

Penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah awal Volta untuk menyambut gelaran KTT G20. Tak berhenti di sini, ke depannya Volta akan berpartisipasi dalam berbagai rangkaian KTT G20, salah satunya adalah pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang akan diselenggarakan pada 11-16 November di Art Bali Collection.

Baca juga: 3 Tantangan Adopsi Motor Listrik di Indonesia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com