Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Mobil Terbang, Terowongan Bawah Tanah Jadi Solusi Atasi Kemacetan Versi Elon Musk

Kompas.com - 14/11/2022, 14:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tesla Inc Elon Musk membeberkan solusi untuk mengatasi kemacetan yang dialami oleh perkotaan di berbagai negara. Hal ini dia sampaikan dalam gelaran diskusi B20 Summit 2022.

Orang terkaya dunia itu mengatakan, terdapat pemikiran yang menyatakan bahwa mobil terbang dapat menjadi solusi kemacetan. Namun, mobil terbang memiliki sejumlah kekurangan, sehingga dinilai tidak terlalu tepat sebagai solusi dari kemacetan.

"Karena mobil terbang akan menimbulkan kebisingan, menghasilkan banyak angin, dan selalu ada kemungkinan akan jatuh di kepala Anda," kata Elon Musk, dalam gelaran B20 Summit, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Saat Elon Musk Gelap-gelapan Tampil di B20 Summit Bali...

Oleh karenanya, Musk menilai, satu-satunya solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan ialah dengan membangun terowongan bawah tanah, seperti yang dibangun oleh salah satu perusahaannya, The Boring Company.

"Satu-satunya jawaban yang saya bisa temukan untuk permasalahan kemacetan di perkotaan adalah terowongan," katanya.

Terowongan bawah tanah dinilai menjadi tepat sebagai solusi kemacetan, karena tidak memiliki sejumlah risiko atau kekurangan yang dimiliki mobil terbang. Selain itu, jaringan terowongan bawah tanah bisa dibangun secara masif.

Baca juga: Elon Musk Batal Hadir di B20 Summit Bali

"Anda bisa memasuki lapisan sedalam apapun sampai kemacetan terselesaikan," tuturnya.

The Boring Company sendiri telah memiliki jaringan terowongan komersial yang dapat dilintasi kendaraan listrik di Las Vegas, Amerika Serikat. Musk bilang, fasilitas tersebut telah menarik banyak minat pengunjung.

"Ini terdengar sangat simpel, tapi kendaraan listrik di terowongan adalah jawaban untuk kemacetan terburuk di seluruh kota," ucap Elon Musk.

Baca juga: Beli Twitter, Elon Musk Lego Saham Tesla Senilai Rp 61,82 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com