Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Optimistis Sektor Parekraf Tarik Investasi 8 Miliar Dollar AS dalam 5 Tahun

Kompas.com - 14/11/2022, 15:49 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi dalam kurun waktu tiga hingga lima tahun mendatang, sektor parekraf mampu mendatangkan investasi sekitar 6 sampai 8 miliar dollar AS.

Hal itu diucapkan Sandiaga saat menghadiri sesi Ministerial Talk B20 Summit Indonesia bertajuk Aligning the Role of Business with G20 Priorities to Recover Together, Recover Stronger di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (13/11/2022).

Oleh karena itu, ia mengajak para investor asing untuk segera berinvestasi di sektor parekraf Tanah Air.

Baca juga: B20 Task Force Perdagangan dan Investasi: UMKM Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Global

"Menurut saya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini memiliki peluang (investasi) yang besar dan sektor ini berdampak besar bagi masyarakat," kata dia dalam siaran pers, dikutip Senin (14/11/2022).

Selain itu ia menambahkan, digitalisasi merupakan kunci utama dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia pascapandemi Covid-19.

Sandiaga mengatakan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat besar bagi berbagai sektor kehidupan di Indonesia dan di seluruh dunia, khususnya di sektor parekraf.

Baca juga: Viral Video Sopir Taksi Catcalling WNA Rusia, Sandiaga Uno: Ini Bukan Perilaku Bangsa Kita


Menurut data yang dia punya, sektor parekraf mengalami penurunan hingga 80 persen pada 2020 dan 75 persen pada 2021.

"Namun berkat kerja keras, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berangsur pulih melalui digitalisasi. Dan dengan dukungan UMKM kita bisa menghadirkan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dibandingkan sebelum pandemi COVID-19," kata Sandiaga.

Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, melalui digitalisasi di sektor parekraf, berbagai jenis lapangan kerja baru ikut bermunculan.

Ia mencontohkan seperti kehadiran berbagai konten kreator yang menjamur di masa pandemi.

Baca juga: Sandiaga Uno Ungkap Strategi Memikat Investor untuk Pelaku UMKM

"Saya yakin melalui digitalisasi kita bisa recover stronger, dan melalui penyesuaian dengan arsitektur kesehatan global kita bisa recover better," ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga turut mengajak delegasi peserta KTT G20 dan B20 untuk memperpanjang masa tinggalnya di Indonesia dengan mengunjungi salah satu dari lima destinasi super prioritas yang ada di Indonesia.

"Lima destinasi prioritas yaitu Candi Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika ini sudah kami siapkan untuk menyambut kunjungan wisatawan yang hadir pada B20 dan usai acara (KTT) G20," pungkas dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Ribuan Pelajar Jadi Entrepreneur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com