Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Bakal Pensiunkan 33 PLTU untuk Kurangi Emisi Karbon

Kompas.com - 16/11/2022, 08:15 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan pihaknya tengah mengkaji rencana untuk mempensiunkan 33 pembangkit listrik berbahan baku batubara (PLTU) sebagai upaya menekan emisi karbon.

"Kita sedang melakukan kajian untuk pensiunkan 33 unit PLTU," kata Arifin dalam siaran pers, Selasa (15/11/2022).

Dalam acara Partnership in Climate Action di Nusa Dua Bali, Arifin mengatakan, kenaikan permukaan air laut sebesar 1,2 cm akan memberikan dampak kepada 65 persen populasi global yang tinggal di pesisir pantai.

Baca juga: Menteri ESDM: Indonesia Butuh Investasi Rp 750 Triliun Garap Pembangkit EBT 22 GW

 

Dia bilang, permukaan air laut merupakan satu di antara berbagai dampak dari perubahan iklim, dimana salah satu penyebab utamanya ialah emisi karbon.

“Sektor energi ikut andil dalam menyumbang emisi karbon, yaitu mencapai 38 - 40 persen dari total keseluruhan emisi karbon secara nasional yang setara dengan lebih dari 450 juta CO2 per tahun," ujar Arifin.

Baca juga: Luhut: Pemerintah Berupaya Percepat Penghentian Pembangkit Listrik Batu Bara

Dia bilang, untuk mengatasi itu, pemerintah mengambil langkah konkrit guna melakukan berbagai mitigasi dampak negatif dari hal tersebut, salah satunya adalah dengan menjalankan transisi energi.

“Indonesia bahkan telah menetapkan target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat, sejalan dengan Paris Agreement yang disepakati secara global,” kata Arifin.

Baca juga: Percepat Pensiun Dini PLTU Batu Bara, PLN Siapkan Roadmap

Roadmap transisi energi

Dia juga mengatakan, untuk mencapai NZE pada tahun 2060, pemerintah telah membuat roadmap transisi energi hingga tahun 2060 yang dibagi menjadi setiap lima tahun.

"Kita merencanakan per lima tahun, mencanangkan target berapa juta ton emisi yang harus kita kurangi, dan beberapa hal yang harus dilakukan dalam kurun waktu lima tahun itu tambah Arifin.

Roadmap transisi energi tersebut, berisi dua program utama, yaitu supply dan demand. Dimana dari sisi supply, salah satu caranya ialah dengan mengurangi penggunaan PLTU.

Baca juga: Bos PLN: 5 Giga Watt PLTU Akan Dipensiunkan Sebelum Tahun 2030

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com