Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Pelaku Usaha Serat dan Benang, Pasar Sepi hingga Terpaksa PHK Karyawan

Kompas.com - 16/11/2022, 21:40 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSYFI) Redma Gita Wirawasta menyatakan, kondisi industri serat dan benang filamen saat ini sedang tidak baik. 

"Kondisi cash flow perusahaan menipis lantaran marketnya enggak bagus. Satu sisi produksinya turun,  di sisi lain juga ada pekerja yang dirumahkan tetapi tetap harus kita bayar. Ada yang 70 persen dan 50 persen. Listrik juga tetap kita bayar, pajak yang memang harus tetap kita keluarkan," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (16/11/2022).

Redma tidak menampik adanya pengurangan karyawan. Bahkan, kata dia, ada juga perusahaan yang produksinya diberhentikan secara total lantaran tidak kuat beroperasi.

Baca juga: Menilik Ancaman PHK Perasuransian 2023

"Kondisi di sektor industri tekstil, memang kalau kemarin dari awal kita pengurangannya terus-terusan yang biasanya kita kurangin 1 line, 2 line. Sekarang ada sekitar 3 perusahaan full stop (operasi)," kata Redma.

Menurut dia, baik pasar ekspor maupun pasar lokal saat ini masih sedang sepi.

"Kita juga enggak tahu nih sampai kapan kondisinya, sampai sekarang belum ada yang cerah, baik cerah di pasar ekspor yang kita tahu sangat bergantung sama kondisi ekonomi dunia termasuk perang Rusia-Ukraina tapi juga di lokal juga belum terang lagi," ungkap Redma.

"Jadi sampai sekarang anggota kami masih bertanya-tanya ini kondisi sampai kapan, kapan harus menghidupkan mesin lagi dan memanggil pekerja- pekerja yang sudah kita rumahkan. Memang kondisi ini sangat berbeda," sambung dia.

Oleh sebab itu Redma berharap pemerintah bisa memberikan perhatiannya secara khusus ke pada industri serat dan benang sehingga bisa menghindari kondisi terpuruk yang berlanjut.

Baca juga: Ini Respons GoTo Soal Isu Pemangkasan 1.000 Karyawan Perusahaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com