Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Ons Berapa Gram? Ini Cara Menghitungnya

Kompas.com - 17/11/2022, 09:59 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Dalam 1 ons berapa gram atau 1 gram berapa ons? Pertanyaan seputar konversi dari ons ke gram atau sebaliknya cukup sering ditanyakan mereka yang masih awam.

Ons maupun gram adalah satuan berat yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, dari mulai timbangan di pasar hingga perhitungan matematika di sekolah.

Namun tak semua orang mengetahui satuan konversi tersebut. Bagi sebagian orang, mungkin masih bingung menjawab 1 ons sama dengan berapa gram?

1 ons berapa gram?

Ons yang telah dikenal di Indonesia merupakan warisan satuan perhitungan berat dari era Kolonial Belanda yang berarti 1 ons setara dengan 100 gram.

Sementara jika ons dikonversi ke kilogram, maka 1 ons setara dengan 0,1 kg atau 1/10 kg. Jika dibalik, 1 kg setara dengan 10 ons.

Baca juga: 1 Kg Berapa Ons? Begini Cara Hitungannya

Sedangkan kilogram dan gram adalah salah satu satuan massa dengan berat dalam suatu sistem internasional (SI).

Ons adalah salah satu jenis ukuran yang sangat populer hampir di setiap kalangan masyarakat Indonesia. Satuan ons biasanya digunakan dalam mengukur barang yang ukurannya dalam skala kecil.

Untuk mempermudah mengingatnya, anda perlu mengetahui konversi dan cara menghitungnya yang benar. Karena diwariskan Belanda, 1 ons di negara lain tak bisa disamaratakan dengan 100 gram.

Sebagai contoh, 1 ons Prancis setara dengan 30,59 gram, 1 ons Portugas sama dengan 28,69 gram, dan 1 ons Romawi setara dengan 27,4 gram.

Sementara apabila menggunakan satuan SI, maka 100 gram yang setara dengan 1 ons disebut dengan hektogram (hg).

Baca juga: Berapa Liter dalam Satu Galon Aqua?

Berikut persamaan 1 ons Belanda (yang juga dipakai di Indonesia) dengan satuan SI:

  • 1 ons sama dengan 0,1 kg
  • 1 ons sama dengan 1 hg
  • 1 ons sama dengan 10 dag
  • 1 ons sama dengan 100 gram
  • 1 ons sama dengan 1.000 dg
  • 1 ons sama dengan 10.000 cg

Dengan ilustrasi di atas, tentunya sudah paham kan berapa 1 ons berapa gram, di mana 1 gram berapa ons adalah 0,1, atau 1 ons sama dengan berapa gram adalah 100 gram.Shutterstock Dengan ilustrasi di atas, tentunya sudah paham kan berapa 1 ons berapa gram, di mana 1 gram berapa ons adalah 0,1, atau 1 ons sama dengan berapa gram adalah 100 gram.

Dengan hitungan tersebut, Anda tentu sudah bisa menjawab pertanyaan 1 ons berapa gram atau kebalikannya, 1 gram berapa ons?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com