Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu MLFF, Transaksi Bayar Tol Tanpa Harus Berhenti

Kompas.com - 17/11/2022, 17:41 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Secara bertahap, pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk masuk jalan tol. Teknologi ini menerapkan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis aplikasi.

Sistem MLFF memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), yang akan meniadakan gerbang tol, sehingga penggunanya tidak lagi perlu mengantre dan mengetuk kartu saat akan memasuki jalan tol.

Multi Lane Free Flow (MLFF) adalah proses pembayaran tol tanpa berhenti, yang berarti pengguna jalan tol tidak harus mengentikan kendaraannya di gerbang tol. Sistem akan memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit.

Teknologi ini membuat alat pembaca tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit, berbeda dengan radio frequency identification atau RFID. GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Ketika kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit.

Baca juga: Mengenal Meterai Elektronik, Ciri-ciri, Tarif, hingga Jenis Dokumennya

Cara kerja dan manfaat MLFF

Dilansir dari informasi resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sistem MLFF akan mempermudah pengawasan lalu lintas melalui monitoring real time.

Dituliskan bahwa saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan, para pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan data pribadinya di aplikasi Cantas. Setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna akan berkurang secara otomatis.

Perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF berupa Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU. Setiap pengguna tol yang masuk harus mengaktifkan E-OBU.

Setelah E-OBU aktif, GPS akan menentukan posisi pengguna berdasarkan satelit yang kemudian proses pencocokan peta akan terjadi di pusat sistem.

Pengguna wajib memastikan saldo tersedia di aplikasi sebelum memasuki gerbang tol. “Nanti aplikasi akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang masuk, namun saldo tidak mencukupi

Baca juga: Mengenal Apa Itu BI Checking dan Cara Ceknya secara Offline dan Online

Rencana implementasi MLFF

Disadur dari laman resmi indonesiabaik.id, tahap pertama pengimplementasian teknologi MLFF, diterapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali pada tahun 2022.

Nilai investasi proyek MLFF sebesar Rp 4,4 triliun, dengan masa konsesi PT RITS selama 9 tahun sejak tanggal operasi komersial.

Penggunaan uang elektronik ini telah mengurangi waktu transaksi menjadi 4 detik dibandingkan transaksi manual 10 detik. Sehingga, penggunaan MLFF memiliki manfaat sangat besar sebab dapat menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik.

Penerapan yang akan berjalan dilakukan engan skema sekitar 50 persen dari total gardu pada gerbang tol akan digunakan untuk MLFF, sedangkan 50 persen digunakan bagi pengguna yang melakukan pembayaran non-tunai konvensional.

Baca juga: Mengenal Paspor Elektronik, Syarat, Cara Membuat, hingga Biayanya

Baca juga: Mengenal Apa Itu BI Fast, Biaya, hingga Limit Transaksinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com