Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Siapkan 61 Kapal untuk Angkut 3,45 Juta Penumpang Saat Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 18/11/2022, 16:31 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry memperkirakan akan melayani sekitar 3,45 juta penumpang dan 808.000 unit kendaraan di 10 lintasan nasional selama libur akhir tahun atau periode Natal dan Tahun Baru 2022-2023.

Kesepuluh lintasan nasional tersebut yaitu Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Hunimua-Waipirit, Tanjung Kelian-Tanjung Api-api, Bitung-Ternate, Bajoe-Kolaka, Kupang-Rote, dan Ajibata-Ambarita.

Karenanya, perseroan menyiapkan 55 unit dermaga dan 61 unit kapal termasuk kapal Jembatan Nusantara.

Baca juga: BI Sebut Terjadi Multi Krisis Global, Sektor Keuangan Diminta Waspada

"Sehingga pelayanan Posko Angkutan Penyeberangan periode Natal dan Tahun Baru mendatang dapat terlaksana, terhitung mulai tanggal 17 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 (H-8 s/d H+10)," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Shelvy memperkirakan layanan angkutan penyeberangan periode Nataru akan mengalami peningkatan, seperti saat Angkutan Lebaran tahun lalu seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19.

Menurut dia, momen puncak arus libur natal terjadi pada Kamis (22/12/2022) atau H-3 dan Jumat (23/12/2022) atau H-2.

Sementara itu, untuk periode libur tahun baru diprediksi terjadi pada Kamis (29/12/2022) atau H+4 dan Jumat (30/12/2022) atau H+5. Sedangkan, puncak arus balik pada Minggu (1/1/2023) dan Senin (2/1/2023).

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Kapal di Akhir Tahun, Menhub Minta ASDP Mempersiapkan Diri


"ASDP memastikan kelancaran layanan penyeberangan yang tentunya juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait mulai dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan, Syahbandar, operator kapal swasta sam lainnya," ujarnya.

Shelvy mengatakan, pihaknya telah melakukan peningkatan kapasitas baik prasarana maupun sarana untuk menunjang kelancaran layanan operasional Nataru mendatang.

Ia menjelaskan, peningkatan kapasitas dilakukan di dermaga IV Bakauheni, dari 40 ton menjadi 60 ton atau kapasitas dermaga yang tadinya untuk melayani kapal 5000 GRT, ditingkatkan untuk melayani kapal berukuran 10.000 GRT.

Baca juga: Digitalisasi Layanan Tiket Mampu Tingkatkan Kinerja ASDP

"Kami juga melakukan perluasan akses masuk di pintu eksekutif Merak, perbaikan akses menuju Dermaga VII Merak, serta pengoperasian pelabuhan perbantuan dari Pelabuhan yang berada di sekitar Pelabuhan Merak seperti Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang di Lampung," tuturnya.

Lebih lanjut, Shelvy mengatakan, dukungan dari pengoperasian pelabuhan perbantuan ini cukup solusif dan telah dilakukan pada periode Angkutan Lebaran tahun lalu.

"Dengan pengoperasian pelabuhan perbantuan, layanan penyeberangan khususnya angkutan logistik tidak mengalami antrean disaat puncak arus libur dan arus balik," ucap dia.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com