Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Industri Reksa Dana, Jumlah Investor Pasar Modal Tembus 10 Juta

Kompas.com - 21/11/2022, 14:39 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah investor pasar modal Indonesia terus bertambah. Terhitung per 3 November 2022, jumlah investor pasar modal RI telah menembus 10 juta investor.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) KSEI pada 3 November 2022, jumlah investor pasar modal yang mengacu pada Single Investor Identification (SID) mencapai 10.000.628. Jumlah ini meningkat 33,53 dibanding posisi akhir 2021.

"Pencapaian jumlah investor pasar modal yang telah menembus 10 juta tersebut merupakan berita baik bagi pasar modal Indonesia," kata Direktur Utama KSEI, Uriep Budhi Prasetyo, dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Soal PHK Massal di Startup, Komut Telkom: Tidak Ada Bisnis 100 Persen Untung Terus

Lebih lanjut ia bilang, tren peningkatan sebenarnya telah terlihat sejak tahun 2019 ketika investor masih berjumlah 2.484.354. Menurutnya, ini hasil positif dari implementasi simplifikasi pembukaan rekening efek terlebih pada saat pandemi Covid-19.

"Hal ini terlihat dari peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2020-2021, dengan pertumbuhan lebih dari 100 persen," katanya.

Ditopang investor reksa dana

Jika dilihat secara lebih rinci, industri reksa dana menjadi penyumbang utama investor pasar modal. Tercatat jumlah investor reksa dana telah menembus 9,3 juta, tumbuh 36,04 persen secara year to date.

Baca juga: Maksimalkan Eksplorasi, Pertamina Hulu Energi Selesaikan Pengeboran 15 Sumur


Dari jumlah tersebut, sekitar 80 persen merupakan investor dari selling agent financial technology (fintech), yang 99,9 persennya merupakan investor individu lokal. Investor ritel juga mendominasi transaksi subscription dan redemption yang mencapai lebih dari 80 persen.

KSEI mencatat, reksa dana pasar uang merupakan reksa dana dengan jumlah investor terbanyak yaitu sebesar 2,47 juta, diikuti oleh reksa dana pendapatan tetap dengan jumlah investor sebesar 934.000.

"Kemudahan dalam melakukan transaksi merupakan dampak dari peningkatan transaksi dan pertumbuhan investor reksa dana," tulis KSEI.

Baca juga: Penjelasan CEO Ruangguru soal PHK Ratusan Karyawan, Akui Gagal Antisipasi Situasi Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com