Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Penurunan Permintaan, HP Bakal PHK 6.000 Karyawan

Kompas.com - 23/11/2022, 14:36 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) pada Selasa kemarin mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 6.000 karyawan dalam tiga tahun ke depan lantaran perusahaan mengalami penurunan penjualan di bandingkan tahun lalu.

"Perusahaan mengharapkan untuk mengurangi jumlah karyawan global sekitar 4.000-6.000 karyawan," kata HP dalam keterangan tersebut dilansir dari Dilansir CNN Business, Rabu (23/11/2022).

"Tindakan ini diharapkan akan selesai pada akhir tahun fiskal 2025," sambungnya

Baca juga: Setelah Ruangguru, Sirclo PHK 8 Persen Karyawan

Sementara itu, Presiden dan CEO HP Enrique Lores dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan strategi untuk "Siap di Masa Depan".

"Memungkinkan kami untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan mendorong penciptaan nilai jangka panjang dengan mengurangi biaya dan menginvestasikan kembali inisiatif pertumbuhan utama untuk memposisikan bisnis untuk masa depan," kata Enrique.

Baca juga: Ramai PHK di Perusahaan Startup Digital, Apakah Investor Kehabisan Uang?

 


Informasi tersebut menjadikan HP sebagai perusahaan terbaru dalam daftar perusahaan teknologi yang pernah berkembang pesat namun kini mengumumkan pemutusan hubungan kerja yang signifikan.

Facebook-induk Meta baru-baru ini mengatakan telah memangkas 11.000 pekerjaan di seluruh perusahaan, dan Amazon (AMZN) mengkonfirmasi minggu lalu bahwa PHK yang luas telah dimulai di raksasa e-commerce yang akan berlanjut hingga tahun depan.

Baca juga: Tutup GrabKitchen, Grab Akui Akan Ada PHK Belasan Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com