Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Yakin Jumlah Penumpang Pesawat Capai 72 Juta Tahun Depan

Kompas.com - 25/11/2022, 19:24 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin meyakini jumlah penumpang pesawat bisa mencapai 72 juta orang pada 2023.

"Untuk tahun depan akan tembus kembali trafik penumpang di tahun 2023, batas psikologis baru yang ingin kita tembus adalah 70 juta (penumpang). Kita akan mencoba tembus diangka itu, persisnya di 72 juta (penumpang)," ucapnya di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

"Tahun depan, regardless. Regardless saya sebut mengabaikan prediksi global resesi, ada prediksi kontraksi ekonomi, ada prediksi antisipatif terhadap pandemi yang belum berakhir, kami sudah membuat formulasi," sambungnya.

Baca juga: Kurangi Beban di Soetta, AP II Ingin Perluas Hub Penerbangan Umrah dan Haji di 2 Bandara

Meski begitu, AP II mengakui tak mudah bisa mencapai target 72 juta penumpang. Oleh karena itu, AP II berharap adanya dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk kolaborasi serta sinergi dari kementerian atau lembaga.

"Kami kembali lagi, ini tidak mudah. Perlu kerja keras dukungan regulasi, dukungan dari semua sektor, satu lagi syarat yang perlu dibangun adalah komitmen tentang sinergi dan kolaborasi sistem transportasi angkutan udara dan sektor kementerian atau lembaga yang menangani ini," ujar Awaluddin.

Di sisi lain, ia bersyukur hingga akhir tahun ini ada 20 bandara dikelola AP II. Sebelumnya sempat ada penundaan layanan penerbangan di beberapa daerah, seperti di Purbalingga dan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

"Pada akhir tahun ini yang patut kita syukuri, 20 bandara itu hari ini kita bisa declare, semua statusnya in operation. Kalau sebelumnya, adakah bandara dalam tidak operation? ada di Purbalingga, Halim-Purbalingga hari ini sudah melayani penerbangan tiga kali seminggu. Kertajati ada, layani penerbangan umrah mulai 20 November," ucapnya.

Baca juga: Tiga Bandara AP II Layani 29 Penerbangan Kenegaraan Selama KTT G20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com