Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Jokowi Mengingatkan kepada Provinsi dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi agar Hati-hati..

Kompas.com - 30/11/2022, 13:31 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan Gubernur Maluku Utara untuk berhati-hati saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. Bahkan kata hati-hati ini diulang hingga sembilan kali.

Pasalnya, Provinsi Maluku Utara ini berhasil menumbuhkan ekonomi hingga 27,74 persen pada Kuartal II 2022 secara tahunan (year on year/yoy) dan inflasi terjaga rendah di level 3,3 persen.

"Sebab itu saya titip hati-hati. Bukan hati-hati tidak baik tapi hati-hati sudah baik. Hati-hati jangan menjadi tidak baik," ujarnya saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Jokowi: Jangan Sampai Target Investasi Tidak Tercapai, Langsung Mohon Maaf

Menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara ini merupakan yang tertinggi lantaran di provinsi ini sudah menerapkan hilirisasi dan industri smelter.

Dia memperkirkan pertumbuhan ekonomi ini bisa dipacu lebih tinggi lagi jika dibangun smelter dan ditambah industri turunan-turunan nikel di Maluku Utara.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi salah satu provinsi di luar Pulau Jawa ini dapat terdongkrak karena pembangunan infrastruktur yang belakangan juga dilakukan di luar Pulau Jawa.

"Pertumbuhan ekonomi sudah tinggi sekali, paling tinggi di dunia di Maluku Utara itu. Nggak percaya? Cek, mana ada pertumbuhan ekonomi sebuah provinsi itu 27 persen," ucapnya.

Jokowi takjub karena pertumbuhan ekonomi itu diiringi dengan tingkat inflasi yang terjaga rendah sesuai dengan ekspektasi inflasi Bank Indonesia (BI) sebesar 3 persen plus minus 1 persen.

Inflasi yang rendah ini menunjukkan harga-harga komoditas di Maluku Utara bisa dijaga stabil.

"Gimana enggak senang rakyatnya inflasi hanya 3,3 persen pertumbuhan ekonominya 27 persen, sehingga saya titip tadi pada Gubernur hati-hati jangan sampai salah proses sehingga investasi yang masuk ke sana menjadi terhambat," tegasnya.

Dengan indikator ekonomi tersebut, dia mempercayai jika Provinsi Maluku Utara disebut sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia berdasarkan sebuah survei.

"Yang paling bahagia itu di Maluku Utara. Karena ya angkanya jelas 27 persen growth, inflasi 3,3 persen karena mungkin gubernurnya ustad. Pak Gubernurnya tenang nggak pernah bicara tapi tahu-tahu 27 persen," ucap dia. 

Baca juga: RI Kalah Gugatan Nikel di WTO, Jokowi: Kita Ajukan Banding

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com