Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Turun Tipis, Saham GOTO dan ARTO Sentuh ARB

Kompas.com - 02/12/2022, 15:57 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada perdagangan Jumat (2/12/2022). Seiring dengan koreksi IHSG, mayoritas saham ditutup di zona negatif.

Melansir data RTI, sejak pembukaan perdagangan IHSG bergerak di zona merah. Jelang penutupan, indeks bursa saham nasional mencoba untuk bangkit, namun pada akhirnya ditutup melemah tipis 1,16 poin atau 0,02 persen ke 7.019,64.

Statitik menunjukkan 213 saham menguat, 330 saham melemah, dan 169 lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi perdagangan sepanjang hari ini mencapai Rp 16,12 triliun, dengan volume saham yang ditransaksikan mencapai 49,41 miliar saham.

Baca juga: Gembok Dibuka, Saham GOTO Masih Menarik Dikoleksi?


Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, 6 dari 11 indeks sektoral melemah, dengan sektor industri mencatat koreksi paling dalam sebesar 1,76 persen. Mengekor, sektor teknologi merosot 1,25 persen.

Pelemahan indeks sektor teknologi tidak terlepas dari kembali anjloknya saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO). Tercatat pada awal perdagangan GOTO langsung anjlok 6,38 persen menyentuh level auto reject bawah (ARB) ke Rp 132 per sahamnya.

Saham yang juga terafiliasi dengan GOTO, yakni saham Bank Jago (ARTO), juga turun signifikan hari ini. ARTO juga anjlok 6,87 persen menyentuh ARB ke Rp 4.200 per lembar saham.

ARB adalah batasan maksimum dari penurunan harga saham dalam satu hari perdagangan di bursa efek.

Koreksi IHSG mengekor bursa regional Asia yang kompak ditutup di zona negatif, di mana indeks Nikkei melemah 1,59 persen, Hang Seng Hong Kong terkoreksi 0,33 persen, Shanghai Komposit melemah 0,29 persen, dan Strait Times turun 0,89 persen.

Baca juga: Langkah Awal Menjadi Investor Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com