Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Langkah Membumi", Cara Blibli Ikut Konservasi Alam hingga Berdayakan Perempuan Marjinal

Kompas.com - 07/12/2022, 13:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Blibli lewat gelaran kampanye dan eksibisi “Langkah Membumi” yang berlangsung sejak 11 November hingga 4 Desember 2022 kemarin, selain ikut menyumbang pada konservasi alam Blibli juga ikut memberdayakan komunitas marjinal dengan menggandeng beberapa pihak yang memiliki kesamaan visi.

Selama 3 minggu eksibisi tersebut, pengunjung mendapatkan edukasi mengenai darurat sampah di ibukota, termasuk proses pengolahan sampah e-commerce menjadi produk dengan kemanfaatan baru.

Blibli pun turut memajang dan menjual hasil olahan sampah operasionalnya, terdiri dari kardus dan plastik, menjadi barang-barang seperti multi purpose tote bag, pouch, mobile phone holder, laptop sleeve case, dan T-shirt, yang turut memberdayakan komunitas perempuan marjinal hasil kerja sama dengan sebuah social enterprise, Liberty Society.

Tercatat lewat upaya ini Blibli memberikan tambahan penghasilan hingga 4-5 kali lipat pada komunitas perempuan marjinal.

Baca juga: IPO Blibli Alami Oversubscribe 4,4 Kali

VP Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan mengatakan, agenda ini sudah mendukung 9 pilar pembangunan berkelanjutan, mulai dari konsumsi dan produk bertanggung jawab sampai dengan berkurangnya kesenjangan.

“Dalam eksibisi ini, kami menggunakan pendekatan edutainment dalam memperkenalkan langkah sederhana yang bisa dilakukan bersama, mulai dari kemudahan memilah sampah sampai dengan inovasi ekonomi sirkular yang bisa memberikan kehidupan kedua bagi sampah kardus dan plastik agar memiliki nilai tambah dan fungsi baru, serta kesempatan bagi pekerja yang terdiri dari komunitas marjinal untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik melalui pendapatan tambahan dan pelatihan,” ujarnya dalam siaran persnya, dikutip Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Menakar Potensi Profitabilitas Blibli yang Bakal Gunakan Dana IPO untuk Bayar Utang

Lebih lanjut dia mengatakan, eksibisi Langkah Membumi ini menuai antusiasme tinggi dari masyarakat. Di luar pengunjung, Blibli juga mencatat lonjakan kunjungan pada laman kurasi eco hub Blibli Cinta Bumi mencapai lebih dari 10.000 selama satu bulan terakhir.

Blibli juga mencatat kepedulian pengunjung, termasuk pekerja kantoran yang peduli akan eco-conscious lifestyle, sesederhana berpartisipasi dengan mengembalikan kemasan bekas berupa kardus dan kemasan plastik.

Eksibisi Langkah Membumi ini menjadi inisiatif berorientasi Environment, Society, Governance (ESG) pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket yang diharapkan dapat menjadi pemicu semangat masyarakat dalam mengambil langkah kecil yang konsisten dan berdampak positif bagi Bumi dan kualitas hidup yang lebih baik.

“Dengan semakin banyak sinergi dan inisiatif ESG kedepannya, kami optimis dapat mewujudkan visi bersama menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia. Solusi bersama dibutuhkan untuk mengatasi masalah bersama, dan melalui langkah kecil bersama pelanggan dan seller kami mewujudkannya," pungkas Yolanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com