Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips buat "Fresh Graduate" agar Cepat Dilirik Perusahaan

Kompas.com - 07/12/2022, 18:30 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto mengatakan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan besar, membuat para lulusan baru atau fresh graduate cemas mencari perkerjaan.

Sebab para lulusan baru sadar bahwa saingannya dalam mencari pekerjaan bukan lagi dari sesama lulusan baru, tapi juga dari karyawan yang sudah profesional yang terkena PHK.

Meski begitu lanjut Sawitri, berdasarkan survei yang dilakukan JobStreet baru-baru ini, 64 persen perusahaan masih membutuhkan para lulusan baru.

Baca juga: HRD hingga Sales Marketing Jadi Pekerjaan yang Banyak Dilamar Pencari Kerja di JobStreet

"Artinya apa? Mereka tidak perlu khawarir karena banyak perusahaan yang masih butuh mereka. Fresh Gradute harus tetap semangat karena kenyataannya mereka masih butuh untuk bantu operasional mereka dalam menjalankan pekerjaan," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/12/2022).

Sawitri pun membeberkan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para lulusan baru agar cepat dilirik oleh perusahaan ketika melamar pekerjaan.

Dia menyampaikan kriteria tertinggi yang dinilai perusahaan untuk merekrut lulusan baru yaitu harus memiliki pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang dilamar atau pengalaman saat mengikuti Kampus Merdeka.

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memiliki program Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar. Tujuannya yaitu mempersiapkan karier yang komprehensif bagi generasi terbaik Indonesia.

Baca juga: Ada 46 Juta Pekerjaan Baru Tercipta hingga 2030, Ini 10 Keterampilan yang Paling Dicari


Lewat program ini pemerintah ingin memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier.

"Pemerintah memenuhi (kebutuhan industri) dengan Kampus Merdeka, itu menjadi performance karena tidak bisa ya kita mengharapkan pengalaman kerja dari fresh graduate," ujarnya.

Kriteria selanjutnya yang menjadi pertimbangan perusahaan merekrut lulusan baru yaitu kualitas diri.

Baca juga: Menaker: Wisatawan Meningkat, Pekerja yang Kena PHK Bisa Kembali Kerja

Kemudian, hasil penilaian dari serangkaian tes yang diikuti. Lalu, sikap para lulusan baru selama menjalani sesi wawancara, dan terakhir ekspektasi gaji.

Sawitri juga menyampaikan perusahaan sangat mempertimbangkan para lulusan baru yang memiliki top skill critical thinking, dan problem solving.

"Dan juga tentunya kemampuan untuk beradaptasi terhadap kultur dari perusahaan Itu jadi soft skill seperti itu yang para mahasiswa harus banyak belajar. Jadi jangan manja lah," beber Sawitri.

Baca juga: Cegah PHK, Menaker: Kurangi Upah dan Fasilitas Pekerja Tingkat Direktur serta Manajer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com