Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GOTO: Tidak Ada Peserta ESOP yang Menjual Saham Rp 2 ke Pasar

Kompas.com - 08/12/2022, 17:35 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memberikan penjelasan terkait transaksi rata-rata Rp 2 per saham di pasar negoisasi. Transaksi yang merupakan bagian dari pelaksanaan program opsi saham bagi karyawan dan konsultan atau employee stock ownership program atau ESOP ini sempat ramai dibicarakan publik.

Direktur GoTo Gojek Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, harga Rp 2 merupakan harga strik price atau harga pelaksanaan yang harus dibayar karyawan atau konsultan untuk mengekekusi opsi ESOP. Apabila peserta program mengeksuksi haknya, maka mereka akan mendapatkan saham GOTO.

Oleh karenanya, Melissa menegaskan, transaksi sebesar Rp 2 yang terjadi pasar negoisasi bukan berarti peserta ESOP menjual sahamnya seharga tersebut di pasar. Ia mengatakan tidak ada peserta ESOP yang menjual saham seharga Rp 2 ke pasar.

Baca juga: Penjelasan GOTO soal Anjloknya Harga Saham

"Tidak ada peserta program ESOP atau program opsi saham karyawan yang menjual saham yang dimilikinya ke pasar dengan harga Rp 2 per saham," kata dia dalam paparan publik insidentil, Kamis (8/12/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, ESOP sebenarnya merupakan program yang sudah biasa dilakukan oleh perusahaan lain. Program ini dilakukan berkaitan dengan kinerja individu dan perseroan.

"Program ini juga suddah kami sampaikan dalam prospektus IPO perseoran," ujarnya.

Setelah periode penguncian atau lock up saham selesai, Melissa menambah, peserta program dapat melaksanakan hak atas saham mereka dengan cara membeli dan membayarkan opsi saham yang dimilikinya. Dalam hal ini, sebagian besar sejumlah Rp 2.

Baca juga: ARB Berjilid-jilid Berlanjut, Saham GOTO Kini Setara Rp 100 Per Lembar


Apabila peserta program telah melakukan pembayaran maka mereka akan memperoleh saham GOTO dan menjadi pemegang saham perusahaan yang memiliki hak yang sama dengan peserta program ritel lainnya.

"Penting untuk dicatat pelaksananan opsi peserta ESOP ini bukan berati peserta ESOP menjual sahamnya," ucap Melissa.

Sebagai informasi, berdasarkan dokumen bahan paparan publik insidentil GOTO, terdapat 9.761 peserta ESOP. Adapun 3.414 di antaranya sudah mengajukan pelaksanaan opsi ESOP, namun baru 2.585 peserta yang telah melaksanakan opsi tersebut.

Baca juga: Mayoritas Karyawan GOTO Belum Eksekusi Opsi Saham ESOP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com