Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Sebut Jumlah UMKM Besar, tapi Produktivitasnya Kurang Optimal

Kompas.com - 12/12/2022, 19:03 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengatakan, saat ini jumlah UMKM di Indonesia sangat besar, tetapi produktivitasnya masih kurang optimal.

Hal tersebut disampaikan dalam pidato kuncinya di acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2022 secara virtual, Senin (12/12/2022). Selain itu, Teten juga menyebut, produk UMKM masih memiliki daya saing yang relatif rendah.

“Perlu dilakukan evolusi dengan dukungan bersama. Sudah banyak evolusi UMKM dilakukan di berbagai negara lewat peran universitas dan anak-anak muda. Evolusi bukan hanya skala usahanya, tetapi juga evolusi kualitas produknya menjadi produk unggul berbasis teknologi dan inovasi,” ucap dia.

Baca juga: Menkop Teten Optimis Minyak Makan Merah Diluncurkan Januari 2023

Untuk itu, Teten mendorong para pelaku ekonomi kreatif termasuk yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN) untuk bersama-sama melakukan evolusi UMKM dengan menciptakan future SMEs.

“Evolusi UMKM sangat diperlukan mengingat perannya sebagai penopang ekonomi nasional,” imbuh dia.

Dengan adanya ICCF 2022, Teten berharap, akan lahir beragam kolaborasi yang turut berdampak baik bagi tumbuhnya UMKM kreatif unggul Indonesia.

Ia menekankan, pentingnya mempersiapkan UMKM yang berbasis kreativitas dan teknologi.

Baca juga: Anak Buah Teten Sebut Koperasi Tidak Akan Diawasi OJK


Saat ini, Teten bilang, Korea Selatan (Korsel) yang ditopang oleh ekonomi kreatif (ekraf) meyakini ekraf turut menjadi fondasi perekonomian di masa yang akan datang.

Korea Selatan hadir dengan K-Pop dan K-Drama yang kini tampil justru hampir melampaui negara tetangganya yaitu Jepang.

“Korsel dari nation brandingnya Dynamic Korea menjadi Creative Korea, terbukti berbagai merek dan produk mereka masuk pasar global dan menjadi kekuatan ekonomi Asia,” ujarnya.

Oleh karena itu, Teten percaya melalui kreativitas potensi ekonomi digital Indonesia harus dapat dioptimalkan sepenuhnya oleh masyarakat khususnya UMKM Indonesia.

Baca juga: Menkop Dorong Perbankan Gunakan Sistem Credit Scoring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com