Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Berburu Tiket Pesawat Libur Nataru dari Kemenhub

Kompas.com - 16/12/2022, 13:12 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi udara untuk teliti dan membeli tiket dari jauh-jauh hari.

Pelaksana Harian Direktur Jenderal Perhubungan Udara, F. Budi Prayitno memprediksi mobilitas masyarakat meningkat mengingat libur Nataru bersamaan dengan libur sekolah sehingga rencana perjalanan perlu disiapkan sedini mungkin.

"Nataru ini termasuk periode high season karena ada Natal, Tahun Baru dan libur sekolah. Tentunya libur panjang ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian. Untuk itu kami mengimbau, agar masyarakat merencanakan penerbangan dan membeli tiket pesawat," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (16/12/2022).

Baca juga: ASDP Tak Layani Pembelian Tiket Penyeberangan Secara Offline Selama Nataru

"Kami sarankan agar masyarakat bisa memilih jam-jam yang tidak peak seperti pada malam hari ataupun dini hari, sehingga harga tiket bisa lebih bersahabat," sambungnya.

Budi mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan secara intensif kepada maskapai untuk memastikan tarif pesawat yang diterapkan pada periode Nataru 2022/2023 sesuai dengan ketentuan, yaitu tidak melebihi Tarif Batas Atas (TBA) yang diatur dalam KM 106 Tahun 2019.

Selain itu, ia mengatakan akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan stakeholders terkait untuk memantau ketaatan maskapai penerbangan terhadap tarif batas atas yang telah ditetapkan.

"Kami terus melakukan pengawasan secara intensif dan memastikan tarif tiket yang dijual tidak melebihi TBA. Sampai saat ini belum ditemukan harga tiket yang dijual melebihi TBA," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi memprediksi permintaan masyarakat terhadap moda transportasi udara akan meningkat sebesar 53,18 persen dari tahun lalu.

Karenanya, kata dia, maskapai diminta untuk meningkatkan kapasitas armadanya sehingga permintaan yang tinggi dapat berimbang dengan kapasitas kursi.

"Kita semua berharap penyelenggaraan Nataru tahun ini dapat berjalan lancar, dan penerbangan selamat, aman, nyaman serta sehat menyertai mobilitas pengguna jasa transportasi udara ke daerah masing-masing," ucap dia.

Baca juga: Ada Promo Tiket KAI Mulai Harga Rp 22.000, Ini Cara Mendapatkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com