BrandzView
Konten ini merupakan hasil interview Kompas.com dengan Grab

Puluhan Ribu Pekerja Transportasi dan UMKM Terima Apresiasi Senilai Rp 15,8 Miliar di Hari Mitra Grab

Kompas.com - 18/12/2022, 11:46 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com – Ada suasana berbeda yang terpancar di kawasan Tugu Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Minggu lalu (11/12/2022). Sedari pagi, tepatnya pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), ratusan orang memadati kawasan tersebut.

Mereka adalah para perwakilan Mitra Grab dari berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, dan juga Mitra Grab di Yogyakarta, yang tengah siap berkonvoi menuju ajang Hari Mitra Grab 2022 yang digelar di Grand Pacific Hall, Sleman.

Di antara ratusan orang yang berkumpul di Tugu Yogyakarta, tampak Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi juga bersiap untuk konvoi seraya berbincang dengan sejumlah mitra grab. Ia mengaku, tak ingin melewatkan momentum dan konvoi tersebut.

Saat konvoi berlangsung, Neneng yang menaiki kereta kuda bersama seorang perwakilan mitra Grab Yogyakarta sambil diiringi oleh ratusan mitra pengemudi dan pasukan Bregodo terlihat menyapa masyarakat sekitar dengan wajah semringah.

Tugu yang menjadi tengara ikonik Yogyakarta pun terlihat hijau dikelilingi ratusan driver Grab.

Kebahagiaan juga terpancar dari wajah para mitra mengemudi dan mitra merchant Grab. Mereka terlihat begitu antusias mengikuti acara tersebut.

Hal itu tak mengherankan, mengingat mereka berkesempatan untuk bertemu dengan sesama rekan sejawat dari kota lain. Apalagi, cuaca di sepanjang perjalanan dan venue acara pun tampak begitu bersahabat.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi saat mengikuti konvoi bersama mitra Grab.Dok. Kompas.com/Erlangga Satya Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi saat mengikuti konvoi bersama mitra Grab.

Sebagai informasi, perayaan Hari Mitra Grab 2022 hadir dengan tema “Solidaritas Selamanya”.

Neneng mengatakan, Hari Mitra Grab merupakan perhelatan apresiasi terpenting keluarga besar Grab dan menjadi harinya para mitra.

“Momen ini diadakan khusus untuk merayakan kebersamaan kami. Para mitra Grab pun dapat berkumpul sejenak dalam suasana ceria sambil menikmati ragam hiburan, termasuk penampilan artis-artis favorit,” ujar neneng.

Hadirkan program Apresiasi Dana Abadi

Selain merayakan kebersamaan, Hari Mitra Grab 2022 juga menjadi momen bagi manajemen Grab untuk mengapresiasi kontribusi para mitra selama ini.

Adapun apresiasi tersebut Grab berikan bersama dengan BenihBaik.com melalui program Apresiasi Dana Abadi. Apresiasi diberikan untuk 45.000 penerima pejuang transportasi serta pejuang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk mitra Grab.

Pejuang transportasi yang dimaksud meliputi pengemudi ambulans, kereta commuter line, mass rapid transit (MRT), TransJakarta, bus antarkota antarprovinsi (AKAP), penjaga pintu kereta api, dan pengemudi ojek online, termasuk mitra pengemudi grab.

Sementara itu, pejuang UMKM yang mendapatkan apresiasi adalah para pelaku UMKM di bidang kuliner, termasuk mitra merchant Grab.

Momen haru Ibu Ia Julaeha, salah seorang Mitra Grab yang menerima apresiasi satu unit mobil pada Hari Mitra Grab 2022.Dok. Grab Momen haru Ibu Ia Julaeha, salah seorang Mitra Grab yang menerima apresiasi satu unit mobil pada Hari Mitra Grab 2022.

“Lewat program Apresiasi Dana Abadi, Grab bersama BenihBaik.com memberikan apresiasi dengan total mencapai Rp 15,8 miliar,” kata Neneng.

Salah satu manfaat yang diberikan pada Apresiasi Dana Abadi adalah Beasiswa GrabScholar kepada 1.158 anak mitra Grab dan masyarakat umum untuk jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK), dan universitas.

Selain itu, ada juga empat unit mobil, 44 unit motor listrik, dana operasional sebesar Rp 25 juta untuk pengembangan bisnis bagi 100 pelaku UMKM, dan dana tunai bagi 45.000 penerima.

“Kami berharap, berbagai inisiatif yang dilakukan, termasuk Apresiasi Dana Abadi, dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi nyata bagi para Mitra,” jelasnya.

Sementara itu, Co-Founder dan Chief Operating Officer (COO) BenihBaik.com Anggit Hernowo mengatakan bahwa pihaknya dan Grab sudah lama berkolaborasi dan menjalankan beberapa program. Apresiasi Dana Abadi menjadi kerja sama terbaru antara kedua perusahaan.

Anggit pun merasa senang dapat menjadi bagian dari Hari Mitra Grab untuk program Apresiasi Dana Abadi.

“Para pekerja di sektor transportasi dan pelaku UMKM dapat dikategorikan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang kerap terlupakan keberadaannya. Padahal, kehadiran mereka sangat berharga dan mempermudah kehidupan masyarakat. Kami berharap apresiasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para penerima,” ujar Anggit.

Komitmen sejahterakan mitra

Neneng melanjutkan, wujud apresiasi Grab terhadap Mitra juga terefleksi dari upaya Grab dalam meningkatkan kesejahteraan bagi para mitra.

Hal itu dibuktikan oleh Gudeg Hj Bu Amad yang menjadi salah satu merchant GrabFood. Sejak bergabung ke dalam ekosistem Grab pada 2020, usaha kuliner ini mengalami peningkatan pendapatan.

Bahkan, sang pemilik bisa membeli sebidang tanah dekat Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Ia pun berencana untuk menambah cabang baru di masa depan.

Momen liwetan bersama para Mitra dan perwakilan Grab di Hari Mitra Grab 2022 di Sleman, DIY.Dok. Grab Momen liwetan bersama para Mitra dan perwakilan Grab di Hari Mitra Grab 2022 di Sleman, DIY.

Kebermanfaatan Grab juga dirasakan oleh Gudeg Yu Djum yang mengalami kenaikan omzet hingga 30 persen sejak bergabung menjadi merchant GrabFood pada 2018.

“Ada pula Eyang Buk yang mendapatkan banyak konsumen berkat marketing dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh pengemudi GrabExpress sejak 2018. Kami berharap mitra dapat merasakan manfaat besar dengan bergabung bersama Grab," jelas Neneng.

Bentuk apresiasi yang diberikan oleh Grab kepada mitra tak sampai di situ. Perusahaan juga menghadirkan layanan untuk mitra melalui GrabBenefits.

Untuk diketahui, GrabBenefits adalah program diskon untuk sejumlah kebutuhan mitra dalam menjalankan pekerjaannya, mulai dari bahan bakar, makanan, kesehatan, hingga paket servis kendaraan. Manfaat ini bisa diakses melalui katalog GrabBenefits pada aplikasi Grab khusus mitra.

Tak hanya itu, Grab juga memberikan jaminan perlindungan bagi mitra, seperti dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan manfaat jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Selain itu, Grab juga mengembangkan GrabMaps guna memudahkan mitra dalam menjalankan perkerjaannya, termasuk melakukan pengantaran dan penjemputan, bahkan hingga ke area yang sulit dijangkau seperti di dalam gang.

“Aplikasi peta ini berbeda dari aplikasi serupa pada umumnya. GrabMaps dirancang secara terperinci dengan teknologi geo-fencing sehingga pemetaan yang dihasilkan dapat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Meski demikian, kami akan terus melakukan peningkatan agar layanan tersebut bisa bekerja secara optimal,” kata Neneng.

Dimeriahkan Kangen Band dan Ndarboy Genk

Selain mengadakan konvoi dan pemberian apresiasi, Hari Mitra Grab juga disemarakkan dengan kehadiran musisi kenamaan, di antaranya Kangen Band dan Ndarboy Genk.

Sebagai informasi, sebelum menjadi musisi Campursari, salah seorang personel Ndarboy Genk merupakan mantan mitra pengemudi Grab.

Andhika Kangen Band selfie bersama para perwakilan Grab dan ribuan Mitra Grab di Hari Mitra Grab 2022.Dok. Grab Andhika Kangen Band selfie bersama para perwakilan Grab dan ribuan Mitra Grab di Hari Mitra Grab 2022.

Pada penampilannya di Hari Mitra Grab 2022, grup tersebut sukses membuat para mitra joget bersama berkat lantunan musiknya yang mampu menghipnotis penonton.

Adapun Di sela-sela penampilannya, penonton dibuat berteriak histeris saat personel Ndarboy Genk mengatakan "Mitra Grab ora sepele" dan "Grab Indonesia ora sepele".

Interaksi hangat Ndarboy Genk dengan para Mitra Grab di acara Hari Mitra Grab 2022.Dok. Grab Interaksi hangat Ndarboy Genk dengan para Mitra Grab di acara Hari Mitra Grab 2022.

Selain Kangen Band dan Ndarboy Genk, ada juga penampilan dari grup musik Pejuang Paman yang beranggotakan mitra Grab dan pertunjukkan seni berupa tarian tradisional yang ditampilkan oleh mitra Grab.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com