Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2022, Grup "Angel Investor" eMerge Tuntaskan Investasi ke 5 "Startup"

Kompas.com - 20/12/2022, 21:23 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2022, eMerge, platform bentukan MDI ventures, menuntaskan investasi ke 5 startup, yakni GOX, Swoop Move, Jobseeker, Kecilin.id, dan Gaspack.

eMerge juga jadi network angel investor paling aktif di Indonesia sepanjang 2022, dengan total 77 angel investor yang tergabung di dalamnya.

eMerge beroperasi dengan menjembatani kebutuhan dana dari para founder startup dengan angel investor yang tertarik untuk menginvestasikan dananya.

Misal, para High Net-worth Individuals, perusahaan keluarga, founder startup, maupun pebisnis yang mempunyai ketertarikan tinggi pada sektor teknologi.

Baca juga: Pertamina NRE dan MDI Ventures Buka Peluang Pendanaan Startup Energi

Dengan nominal 10 ribu dollar AS (atau sekitar Rp 150 juta), calon angel investor sudah bisa mulai menginvestasikan dananya di startup terpilih.

“Salah satu keunggulan bergabung dengan network seperti eMerge adalah investor bisa berkenalan dengan sesama angel investor yang dapat membantu menilai apakah investasi di startup tertentu akan sepadan dengan hasil akhirnya," ungkap Sarah Usman, Partner eMerge, melalui keterangannya, Selasa (20/12/2022).

"Sebagian besar angel investor adalah pemain kawakan di industrinya masing-masing, sehingga penilaian mereka sangat bisa diandalkan,” lanjutnya. 

Baca juga: MDI Ventures Suntikkan Dana untuk Zenius

Catatan eMerge, dari 77 angel investor, mayoritas berasal dari latar belakang industri keuangan (28,21 persen), FMCG (15,38 persen), media (10,26 persen), dan teknologi (10,26 persen).

Selama tahun 2022, eMerge tercatat telah menyalurkan total investasi lebih dari 2 juta dollar AS (atau sekitar Rp 30 miliar).

Sarah menambahkan, network eMerge akan semakin aktif berkembang di tahun 2023, terutama melihat masih banyaknya startup yang bermunculan yang membutuhkan dana segar dan mentor untuk pengembangan bisnisnya.

Baca juga: Bukan gara-gara Gaji Besar Karyawan, Ini Penyebab Marak PHK Massal Startup Menurut AC Ventures

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com