Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sampah, Solusi Wujudkan Lingkungan Lebih Baik

Kompas.com - 20/12/2022, 21:38 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sampah sebagai salah satu upaya pengelolaan sampah, menjadi salah satu upaya mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Untuk itu, PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas Bank Sampah GEMPAR di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, yang menjadi program Otsuka Eco Village.

Program bank sampah ini mengubah kebiasaan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan agar terciptanya masyarakat yang mampu mengelola sampah rumah tangga dengan baik dan benar secara mandiri.

Baca juga: Program Bank Sampah dan Masyarakat Peduli Api Diresmikan di Prabumulih

Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka Sudarmadi Widodo mengatakan, saat ini terdapat 200 ton sampah yang mencemari perairan Pasuruan Jawa Timur, sehingga dibentuklah program bank sampah. 

Kemudian, masyarakat yang ingin menjadi nasabah pada Bank Sampah GEMPAR dapat melakukan pendaftaran melalui KSM GEMPAR.

"Sementara untuk mekanisme pencatatannya masyarakat bisa memilah sampah secara mandiri dari rumah dan membawa sampah non organik yang memiliki nilai jual ke Bank Sampah GEMPAR,” jelas Sudarmadi melalui keterangannya, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Otsuka Resmikan Bank Sampah Sehati, Warga Bisa Tukar Sampah Jadi Sembako

Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron mengatakan, untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah yang tertumpuk dan tidak terkelola dengan baik serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih dibutuhkan upaya dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat serta dukungan sektor lainnya seperti pihak swasta.

Sedangkan Takeyama Kenichi selaku Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya berharap Proyek Bank Sampah pada program Otsuka Eco Village ini dapat terus berlanjut bahkan memunculkan perusahaan atau daerah yang mengadopsi program seperti ini, sehingga terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan tidak hanya di Jawa Timur tapi juga untuk bumi yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com