Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tidak Ada Tambahan Jam Operasional KRL pada Malam Tahun Baru

Kompas.com - 21/12/2022, 13:11 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) mengatakan, tidak ada penambahan jam operasional pada malam tahun baru 2023 mendatang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, selama periode Nataru, KRL beroperasi normal dengan total perjalanan 1.081 dan jam operasional mulai pukul 04.00-24.00 WIB. Frekuensi ini bertambah 8 persen dari 2021.

"Tidak ada penambahan jam operasional di malam tahun baru," kata Anne dalam konferensi pers di Stasiun BNI City, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Anne memperkirakan volume penumpang KRL meningkat 49 persen selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 atau mulai 22 Desember sampai dengan 8 Januari 2023.

"Sebanyak 12,3 juta lebih orang yang akan menggunakan commuterline Jabodetabek," ujarnya.

Baca juga: 12,3 Juta Orang Diprediksi Gunakan KRL Jabodetabek Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Jadwal pemberangkatan terakhir KRL selama periode Nataru 2022/2023

Anne mengatakan, pemberangkatan KRL terakhir di masing-masing lintas di antaranya yaitu, Lintas Jakarta-Bogor pada pukul 23.45 WIB, sedangkan untuk Bogor-Jakarta pada pukul 22.45 WIB.

Kemudian untuk Lintas Cikarang-Angke (Via Manggarai) pada pukul 22.15 WIB, Cikarang-Jakartakota (Via Pasar Senen) pukul 22.24 WIB,

Selanjutnya, untuk Lintas Kampung Bandan-Cikarang (Via Manggarai) pada pukul 23.22 WIB. Sementara itu, Lintas Tanah Abang-Parung Panjang pada pukul 23.40 WIB, sedangkan untuk Rangkas Bitung-Tanah Abang pukul 21.59 WIB, dan Parung Panjang-Tanah Abang pukul 22.30 WIB.

"Untuk Lintas Tangerang-Duri pada pukul 22.10 WIB dan sebaliknya Duri-Tangerang pukul 23.48 WIB," tuturnya.

Baca juga: Pembayaran KRL dengan Aplikasi LinkAja Ditutup Mulai 16 Januari 2023

Switch Over Stasiun Bekasi

Anne juga mengatakan, dalam memaksimalkan perjalanan commuterline pada lintas Cikarang/Bekasi, KAI Commuter dan KAI Daerah Operasi 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah melakukan Switch Over (SO)-3 Stasiun Bekasi.

Ia menjelaskannya, pelaksanaan SO ini mengaktifkan jalur rel, bangunan baru dan fasilitas pengguna KA di jalur I, It, dan jalur III.

"Dengan pengaktifan jalur baru ini diharapkan mampu menekan keterlambatan perjalanan kereta di lintas Cikarang/Bekasi," kata dia.

Baca juga: Link dan Cara Daftar PIN Khusus Ibu Hamil untuk Naik KRL

Pengamanan pengguna KRL

Lebih lanjut, Anne menambahkan, pihaknya juga telah menugaskan 2.974 orang Passanger Service (PS) yang siap membantu pelayanan di stasiun.

Sementara itu, untuk pengamanan, 4.000 orang petugas yang terdiri dari personil internal, security dan TNI/Polri juga siap memberikan pelayanan pengamanan kepada pengguna KRL.

"Dalam masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter siap dan akan memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal kepada pelanggan kami," pungkasnya.

Baca juga: Tarif KRL Naik Tahun Depan? Ini Klarifikasi Kemenhub

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com