BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Mulai Konferensi hingga Workshop Finansial, Berikut Keseruan Jenius Co.Creation Week 2022

Kompas.com - 21/12/2022, 13:20 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Co.Creation Week 2022 bertema “FuturEase - Melangkah Mudah Menuju Masa Depan” telah rampung diselenggarakan perbankan digital Jenius dari PT BTPN Tbk secara hibrida di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (28/11/2022) hingga Rabu (2/12/2022).

Selama lima hari, Jenius mengajak setiap orang untuk membangun masa depan yang lebih mudah dan terhubung dengan sesama manusia, teknologi, serta lingkungan melalui sejumlah rangkaian acara.

Berikut adalah rangkaian acara pada Co.Creation Week 2022 beserta keseruan yang disuguhkan Jenius.

1. Jenius Conference

Jenius Conference dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama membahas topik “Potential Recession: Preparation to Survive Future Crisis” yang diisi oleh Digital Banking Acquisition Service dan Marketing Head Bank BTPN Anita Ekasari, Principal Consultant dan Chief Executive Officee (CEO) ZAP Finance Prita Ghozie, dan Vice President Director PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono.

Anita menjelaskan bahwa setiap orang pasti pernah mengalami kecemasan dalam segi finansial. Oleh karena itu, Jenius Co.Creation Week 2022 menghadirkan sejumlah kelas finansial agar literasi finansial masyarakat lebih baik.

“Literasi finansial tersebut tentu menjadi salah satu bekal menghadapi resesi ataupun krisis,” ujarnya dikutip dari laman resmi Co.Creation Week 2022, Selasa (13/12/2022).

Pada sesi tersebut, Prita membagikan tiga tip menghadapi resesi. Pertama, memiliki cukup uang tunai yang bisa diambil untuk kebutuhan tak terduga. Kedua, mengonsumsi sesuatu dengan bijak. Ketiga, mengatur cicilan dengan baik.

Sesi kedua dilanjutkan dengan topik “Balancing Environmental Preservation and Local Economy”. Pada sesi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberi sambutan terkait komitmen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam rangka mengembangkan kepariwisataan berkelanjutan dan berkualitas melalui program sustainable tourism development.

“Kami telah meluncurkan program perhitungan dan penyeimbangan jejak karbon di sektor pariwisata melalui platform Indonesia travel. Hal ini merupakan langkah untuk menyeimbangkan emisi karbon yang dihasilkan dari sektor pariwisata,” jelasnya.

Sandiaga menambahkan, upaya Kemenparekraf tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai separuh pengurangan emisi karbon pada 2030 dan nol bersih emisi pada 2060.

Ia pun berharap, kegiatan Jenius Co.Creation Week 2022 dapat menambah wawasan serta meningkatkan ketertarikan, kepedulian, dan keterlibatan generasi muda terhadap sustainable tourism development.

Sesi kedua Jenius Conference juga dihadiri pelaku sektor pariwisata sebagai narasumber, yakni Founder dan Creative Director Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto serta Executive Director Indonesia Plastic Bag Diet Movement Tiza Mafira.

Adapun sesi ketiga Jenius Conference mengangkat topik “Leveraging Social Media Algorithm”. Pada sesi ini, Jenius menghadirkan Content Creator Aulion dan Co-CEO Foamous Allstars Arief Rakhmadani sebagai pembicara. Kedua narasumber ini membahas perubahan sistem algoritma media sosial.

Arief menjelaskan bahwa algoritma media sosial berubah dalam rentang waktu sebentar. Meski demikian, ia menyarankan para kreator konten untuk tidak membuat konten hanya karena sedang trending.

Sementara, Aulion menjelaskan tiga strategi yang diperlukan kreator konten, yakni menjadi autentik, konsisten, dan adjustable dengan tren yang ada.

“Dengan strategi ini, selain bisa mengakali algoritma medsos yang berubah-ubah, self-branding juga akan lebih mudah dikenal,” jelasnya

2. Jenius Talks

Jenius Talks merupakan sesi berbincang dengan topik dan narasumber berbeda. Salah satu topik, yakni “Practicing Self Love: Being Kinder to My Love” digelar dengan narasumber Hypnotherapist dan Human Design Reader Nabila Gasani dan Influencer Mima Shafa.

Pada sesi tersebut, Nabila mengajak peserta untuk menjadi kawan bagi diri sendiri. Menurutnya, untuk bisa menumbuhkan self-love, seseorang harus bisa menemukan kenyamanan dengan kelebihan dan kekurangan diri.

“Tubuh ini kan kendaraan kita untuk hidup di dunia. Namun, apakah tubuh dan jiwa ini kondisinya sama? Bisa (saja) berbeda. Self-love itu soal gimana caranya tubuh dan jiwa ini bisa selaras,” ujarnya.

Kemudian, Mima Shafa membagikan lima cara menumbuhkan self-love. Pertama, kenali diri sendiri. Kedua, memberi afirmasi positif pada diri. Ketiga, validasi emosi yang muncul. Keempat, menciptakan batasan. Kelima, melakukan keempat cara tersebut dengan konsisten.

Talkshow bersama influencer Mima ShafaJenius Talkshow bersama influencer Mima Shafa

Talk show sesi lain yang tak kalah menarik adalah pembahasan antara uang dan kebahagiaan dengan topik “Money or Enjoyment: Do We Have to Choose?”.

Pada sesi ini, Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan bahwa perkembangan teknologi digital pada sektor perbankan membantu aktivitas finansial masyarakat. Hal ini termasuk dalam berbelanja yang menjadi satu bentuk apresiasi terhadap diri sendiri atau enjoyment.

Baca juga: Angkat Tema FuturEase, Co.Creation Week 2022 Jenius Suguhkan Financial Workshop hingga Lomba Ideathon

Agar tidak kebablasan dan boros dalam berbelanja, Irwan membagikan 4 tip berbelanja menggunakan Kartu Kredit Jenius. Pertama, monitor aktivitas kartu kredit melalui aplikasi Jenius.

Kedua, atur limit Kartu Kredit Jenius. Ketiga, blokir sementara atau permanen jika ada transaksi mencurigakan. Keempat, manfaatkan fitur instalment untuk mengonversi transaksi dalam bentuk cicilan.

Selain kedua sesi tersebut, Jenius Talks juga menyuguhkan beragam topik, yaitu Business Innovation within The Digital Presence, E-sport Level Up: From Hobby to Income Stream, How Do I Cash the Trash, serta Online Dating 101: Doxxing, Scamming, and How to Avoid Them.

3. Jenius Financial Workshop

Kegiatan Jenius Financial Workshop merupakan sesi konsultasi personal dengan perencana keuangan bersertifikasi. Kegiatan ini diikuti 35 peserta terpilih dengan rincian 15 orang ikut kegiatan secara offline dan 25 orang secara online.

Salah satu peserta Jenius Financial Workshop offline Co.Creation Week 2022, Yogi, mengatakan bahwa dirinya berkonsultasi mengenai perencanaan keuangan untuk menyiapkan diri melanjutkan jenjang pendidikan Master di Amerika Serikat.

Sesi konsultasi 1-on-1 offline pada Program Jenius Financial WorkshopJenius Sesi konsultasi 1-on-1 offline pada Program Jenius Financial Workshop

Ia mengatakan bahwa sesi konsultasi dibuka dengan paparan umum terlebih dahulu terkait perencanaan keuangan oleh founder OneShildt Budi Rahardjo. Budi menjelaskan tingkat kesadaran masyarakat yang rendah tentang literasi keuangan.

Kemudian, Jenius Financial Workshop dilanjutkan dengan sesi konsultasi 1-on-1 dengan financial planner selama 25 menit. Hasil konsultasi tersebut dikirimkan ke e-mail peserta sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan perbaikan finansial.

4. Jenius Ideathon

Kegiatan selanjutnya adalah lomba untuk memberikan gagasan agar setiap orang lebih terhubung dengan sesama, teknologi, dan lingkungan. Ada lima pemenang dalam kegiatan ini, yakni tim NOTCH sebagai juara pertama, tim Dompet Anak menjadi pemenang kedua, tim Restu Ibu pemenang ketiga, tim Bayangan pemenang keempat, dan tim JeniusPuff Girls pemenang kelima.

Tak tanggung-tanggung, Jenius Ideathon menyediakan hadiah puluhan juta rupiah dengan rincian juara pertama Rp 50 juta, juara kedua Rp 30 juta, juara ketiga Rp 20 juta, serta juara keempat dan kelima masing-masing Rp 2,5 juta.

Itulah keseruan yang dihadirkan pada Co.Creation Week 2022 dari Jenius. Selain itu, ada pula creative workshop dengan 7 sesi dan topik berbeda. Salah satunya adalah workshop design thinking bersama Product Manager di iGrow Resources Indonesia Andika Amri.

Untuk mengetahui berbagai keseruan Co.Creation Week 2022, kamu bisa mendaftar sebagai Co.Creators dan mengakses beragam konten di Co.Create blog https://www.cocreate.id/articles/


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com