Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Siapkan Uang Tunai Rp 15,57 Triliun Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2022, 13:24 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyiapkan Rp 15,57 triliun untuk kebutuhan uang tunai selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) karena diprediksi kebutuhan transaksi keuangan akan meningkat.

Direktur Teknologi Informasi BSI Achmad Syafii mengatakan nominal uang tunai yang disiapkan BSI tersebut telah desesuaikan dengan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 52 persen menjadi Rp 2,44 triliun, atau diperkirakan sekitar Rp 244 miliar per hari pada periode 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Kami memperkirakan puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 yang merupakan periode libur," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Jelang Natal, Menhub Minta KAI Tambah Jam Operasional

Adapun uang tunai ini disiapkan untuk memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada mesin ATM agar kebutuhan nasabah dapat terlayani selama 24 jam.

Selain itu, dia memastikan perseroan akan selalu memberikan layanan prima melalui jaringan elektronik BSI di saat libur akhir tahun.

Dengan demikian, nasabah dapat selalu bertransaksi tarik tunai, transfer antar cabang, dan pembayaran bulanan melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.500 unit ATM. Nasabah juga dapat memanfaatkan jaringan elektronik lainnya seperti layanan BSI Mobile.

"Saat ini, seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone nasabah," ucapnya.

Selain itu, BSI juga memastikan terus mengoptimalisasi layanan kantor cabang dengan tetap beroperasi pada tanggal 24, 25, 31 Desember dan 1 Januari 2023.

Baca juga: Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Masih Tersedia

Adapun jadwal operasional kantor cabang BSI dapat di akses di laman BSI. Masyarakat pun dapat mengakses informasi terkait layanan di kanal website resmi BSI di https://www.bankbsi.co.id/news-update/info-nasabah/daftar-jadwal-outlet-operasional-kantor-cabang-bsi-saat-nataru-2022.

Di samping itu, sebanyak 453 kantor cabang BSI tetap akan beroperasi secara terbatas mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat.

"Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada kantor cabang utama, khususnya di lokasi publik," tuturnya.

Di samping itu, BSI juga memiliki lebih dari 36.000 agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah. Agen BSI Smart ini menjadi kepanjangan tangan BSI dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

Baca juga: Tol Semarang-Demak Bisa Dilintasi saat Libur Natal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com