Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Gaya Baru Mengatur Keuangan Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2022, 09:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Meike Kurniawati*

KETIKA seseorang ditanya mengenai apa resolusi tahun baru, jawaban jamak adalah menyangkut pencapain karier atau perubahan diri menjadi lebih baik.

Namun resolusi sebenarnya bukan hanya menyangkut dua hal tersebut. Bijak mengatur keuangan juga bisa menjadi salah satu resolusi awal tahun 2023.

Awal Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk membuat perencanaan dan pengaturan keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga keuangan kembali ke jalan yang benar.

Mengatur keuangan adalah salah satu hal yang penting dilakukan setiap orang. Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan berhemat.

Studi klasik konsumen Belanda di masa resesi yang dilakukan oleh Van Raaij & Eliander (1983) menjelaskan beberapa strategi berhemat saat menghadapi resesi.

Meskipun studi dilakukan saat masa resesi, namun strategi-strategi tersebut masih relevan apabila diterapkan di kondisi saat ini.

Berikut beberapa strategi berhemat yang dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari:

1. Strategi harga

Strategi harga adalah strategi berhemat dengan berbelanja di toko yang menjual barang dengan harga yang lebih murah, atau membeli produk dengan merek yang lebih “rendah” dari yang biasa dibeli atau mencari barang diskon.

Strategi ini memberikan manfaat langsung di mana kelebihan uang dapat langsung disimpan atau dialihkan utuk keperluan yang lain.

2. Strategi kuantitas

Strategi hemat dari sisi kuantitas dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah pembelian produk tertentu, semisal, mengurangi jumlah pembelian make up, skincare, dll.

Cara lain adalah menunda pembelian durables goods (seperti barang elektronik, perabotan rumah, peralatan dapur, dll).

3. Strategi kualitas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com