Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Shopee Hadirkan Inovasi dan Keterampilan Digital UMKM Sepanjang 2022

Kompas.com - 27/12/2022, 07:58 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam laman resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia mencapai 146 miliar dollar AS pada 2022 atau tumbuh 20 persen dari tahun sebelumnya. Adapun sektor e-commerce dan online travel menjadi penyumbang terbesar dalam capaian tersebut.

Hal itu tak mengherankan, mengingat e-commerce banyak melahirkan inovasi yang membantu pergerakan ekonomi nasional di tengah berbagai tantangan sepanjang 2022.

Shopee, misalnya, yang membawa lebih banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk memiliki daya saing global melalui Program Ekspor Shopee. Melalui program ini, jutaan produk UMKM berhasil diekspor ke berbagai region, seperti Amerika Latin dan Asia Timur.

Selain itu, Shopee juga aktif berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menggerakkan perekonomian digital Indonesia.

Sebagai contoh, Shopee dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta bersinergi membawa ribuan produk UMKM ke gelaran Java in Paris yang diadakan di Paris, Prancis sepanjang Juni 2022.

Melalui dua program tersebut, Shopee mendorong UMKM lokal untuk mewujudkan mimpi menembus pasar global di tengah ancaman resesi.

Inovasi Shopee berdayakan UMKM sepanjang 2022 (Dok. Shopee)Shopee Inovasi Shopee berdayakan UMKM sepanjang 2022 (Dok. Shopee)

Meningkatkan keterampilan digital

Meski memiliki potensi ekonomi digital yang besar, masyarakat Indonesia masih memiliki keterampilan digital yang rendah. Berdasarkan data Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021, keterampilan digital masyarakat Indonesia hanya 3,49 dari skor maksimum 5,00.

Di sisi lain, UMKM Indonesia yang sudah mengikuti digitalisasi hanya sekitar 30,4 persen atau 19,5 juta. Rendahnya literasi digital ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk menuju ekonomi digital terbesar di ASEAN.

Merespons hal tersebut, Shopee turut berupaya meningkatkan literasi digital di Indonesia.

Pada Januari 2022, Shopee bekerja sama dengan Pemkot Jawa Barat (Jabar) menciptakan kurikulum bisnis digital untuk 26.000 siswa dan siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) di seluruh Jabar.

Shopee juga telah membangun 6 Kampus UMKM Shopee di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali, sebagai wadah edukasi dan pelatihan gratis untuk para pegiat UMKM.

Untuk diketahui, Kampus UMKM Shopee merupakan fasilitas yang diberikan kepada setiap masyarakat yang memiliki ataupun ingin memulai bisnis online. Masyarakat bisa mendapatkan edukasi dan pelatihan bisnis digital serta pendampingan oleh trainer Shopee.

Baca juga: Bersama Shopee, Pemuda Bandung Ini Mampu Ubah Nasib

Kampus UMKM Shopee telah mengadakan sekitar 40 kelas setiap minggu atau 2.000 kelas sepanjang 2022. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan digital serta memperkuat fondasi UMKM sehingga berdampak positif terhadap perputaran ekonomi nasional.

Pemilik UMKM Gudang Barang Bandung Agus Ardian merupakan lulusan Kampus UMKM Shopee yang juga memiliki toko online di Shopee.

Ia mengaku dapat memperdalam pengetahuan bisnis digital dengan mengikuti program Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com