Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Naik Tipis Didukung Peningkatan Produksi AS dan Pelonggarkan Pembatasan Covid-19 di China

Kompas.com - 28/12/2022, 07:40 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Harga minyak mentah dunia stabil pada perdagangan Selasa (27/12/2022) waktu setempat atau Rabu pagi waktu Indonesia/WIB. Pergerakan harga minyak mentah dipengaruhi oleh sentimen peningkatan produksi minyak AS hingga pelonggaran pembatasan Covid-19 di China.

Mengutip CNBC, harga minyak mentah Brent mengalami kenaikan 66 sen atau 0,8 persen menjadi 84,58 dollar AS per barrel. Sementara itu, West Texas Intermediate AS hanya naik 18 sen pada level 79,73 dollar AS per barrel.

Kilang di sepanjang pantai teluk mulai melanjutkan operasi dan meningkatkan produksi usai badai musim dingin. Hal ini menyebabkan hilangnya daya, instrumentasi, dan uap pada fasilitas di sepanjang Pantai Teluk AS.

Baca juga: Rusia Bakal Pangkas Produksi Saat AS Dilanda Badai Musim Dingin, Harga Minyak Mentah Dunia Naik Lebih dari 2 Persen

Cuaca AS membaik

Badai musim dingin juga memotong produksi minyak dan gas dari North Dakota ke Texas. Otoritas Pipa Dakota Utara mengatakan, produksi akan dibatasi sekitar 450.000 hingga 500.000 barrel minyak per hari selama akhir pekan Natal di ladang minyak Bakken.

Namun otoritas menambahkan, operator akan bekerja dengan cepat untuk memulihkan produksi yang hilang.

"Cuaca AS diperkirakan membaik minggu ini, yang berarti reli mungkin tidak akan berlangsung terlalu lama," kata Kazuhiko Saito, kepala analis di Fujitomi Securities.

Baca juga: China Longgarkan Aturan Perjalanan, Harga Minyak Merangkak Naik

Pelonggaran karantina wisatawan di China

Sementara itu, China akan berhenti mewajibkan wisatawan yang datang untuk melakukan karantina, mulai 8 Januari 2023. Komisi Kesehatan Nasional mengatakan keputusan tersebut merupakan langkah besar menuju pelonggaran pembatasan di perbatasan yang telah ditutup sejak 2020.

“Ini tentu sesuatu yang diharapkan oleh para pedagang dan investor,” kata analis Avatrade Naeem Aslam.

Baca juga: Ada Pembatasan Harga Minyak Rusia, Harga Minyak Mentah Dunia Anjlok

Rusia bakal pangkas produksi minyak

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa juga menandatangani dekrit yang melarang pasokan minyak dan produk minyak ke negara-negara yang berpartisipasi dalam pembatasan harga mulai 1 Februari 2023 selama lima bulan.

Kekhawatiran atas kemungkinan pemotongan produksi oleh Rusia juga memberikan dukungan harga minyak mentah.

Rusia diperkirakan akan memangkas produksi minyak sebesar 5 persen hingga 7 persen pada awal 2023 sebagai tanggapan terhadap pembatasan harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com