Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Lion Air Group Pastikan Tetap Utamakan Keselamatan Penumpang

Kompas.com - 29/12/2022, 17:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group memastikan akan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama melayani penerbangan di tengah kondisi cuaca ekstrem.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Lion Air Group melaksanakan koordinasi dan komunikasi intensif berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) bersama regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, dan BMKG mengantisipasi dampak dari cuaca yang kurang baik terhadap transportasi udara.

"Setiap penerbangan Lion Air Group harus selalu memperhatikan faktor alam dan meteorologi BMKG yang menghasilkan data dan informasi detil, cepat, tepat dan akurat. Lion Air Group senantiasa melaksanakan pemantauan (monitor) perkembangan terkini dari cuaca dan menggunakan informasi cuaca untuk mengambil keputusan berdasarkan laporan serta pemberitahuan resmi," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Menhub: Jika Tak Penting, Jangan Keluar Kota

Lebih lanjut kata dia, cuaca yang mempengaruhi penundaan penerbangan, pembatalan, pengalihan dan pemulihan (recovery) selalu dilakukan analisis dan evaluasi (pengkajian operasional).

"Berbagai strategi yang diimplementasikan antara lain menggunakan sistem terstruktur dan berkesinambungan antara rotasi (pergerakan pesawat), tim operasional serta keputusan yang cepat guna menentukan rangkaian operasional yang terjadi di lapangan serta mengurai dampak keterlambatan penerbangan akibat cuaca kurang baik," papar Danang.

Kemudian lanjut Danang, kondisi cuaca aktual (real time) diperlukan ketika pesawat lepas landas hingga proses pendaratan. Operasional dijalankan apabila jarak pandang (visibility), arah/ kekuatan/ kecepatan angin dan lainnya memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem terhadap Pelayaran, Ini Langkah Kemenhub

"Panduan dan prosedur dengan skala prioritas telah ditetapkan untuk mengelola tingkat dan dampak atau gangguan cuaca. Matriks prioritas analisis cuaca berdasarkan aktual (real time) sebagai salah satu referensi atau dasar menunjang kelancaran operasional," jelasnya.

Danang memastikan pilot Lion Air Group telah menjalani rangkaian pelatihan serta simulasi apabila dalam kondisi cuaca ekstrem. Dalam pesawat Lion Air Group, kinerja pilot didukung peralatan untuk deteksi cuaca, angin, dan awan.

Sehingga dapat memantau cuaca, suhu dan tekanan udara secara tepat serta pilot dapat memanfaatkan untuk kebutuhan komunikasi dan memutuskan cepat sesuai pedoman kerja pilot (manual book).

Pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab menyampaikan, cuaca ekstrem kali ini ditandai dengan tingginya curah hujan.

Curah hujan dapat mengalami peningkatan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga tanggal 30 Desember 2022. Peningkatan curah hujan pada akhir Desember 2022 diperkirakan berlanjut hingga awal Januari 2023.

Baca juga: Pariwisata RI Dibayangi Cuaca Buruk, Erick Thohir: Keselamatan Turis Nomor Satu, Jangan Sampai Kegembiraan Jadi Bencana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com