Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk TMII Dibanderol Rp 50.000 Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 29/12/2022, 18:44 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), membanderol tiket masuk untuk menikmati rangkaian acara akhir tahun di Taman Mini Rp 50.000 per orang.

Harga tiket masuk tersebut lebih mahal dibandingkan harga tiket masuk normal yang hanya Rp 25.000 per orang. Tiket masuk bisa dibeli dengan mengakses tamanmini.com. Adapun pada 31 Desember 2022, TMII akan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan pihaknya menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung saat malam tahun baru 2023.

Baca juga: Harga Tiket TMII Tak Naik Usai Direnovasi, InJourney: Kita Ingin Jadikan Taman Terbuka

Salah satunya yakni adanya transportasi berbahan bakar listrik untuk mengantarkan pengunjung ke wahana yang diinginkan.

"Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum yang mudah dan praktis," ujar Edy dalam siaran pers, Kamis (29/12/2022).

Dalam rangka malam pergantian tahun, TMII telah menyiapkan antisipasi lonjakan pengunjung yang diperkirakan mencapai 40.000 orang.

Dalam hal pengamanan, 118 personel pengamanan internal telah disiapkan dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan. Personel pengarah jalan juga ditempatkan di sejumlah titik untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu, sejumlah pintu masuk tambahan juga telah disiagakan. Dari Pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan TMII.

Baca juga: Kabar Baik, Harga Tiket TMII Tidak Naik Pasca-revitalisasi, Masih Rp 25.000


Terdapat tempat parkir alternatif yang terletak di area Tugu Api Pancasila dengan kapasitas parkir mobil sebanyak 159 lot, parkir mobil di belakang Tambur sebanyak 400 lot, parkir mobil di PP IPTEK sebanyak 400 lot, parkir mobil di area Tionghoa sebanyak 150 lot dan lokasi parkir cadangan untuk menampung kendaraan jika terjadi lonjakan pengunjung.

Tenaga kesehatan juga turut dilibatkan dalam ajang malam pergantian tahun yang akan bersiaga di Parkir Plaza Utara, depan Anjungan Sulawesi Utara, PP IPTEK, depan Istana Anak, Sasana Adirasa dan Plaza Keong Mas. Begitu pula petugas pemadam kebakaran juga disiagakan.

TMII juga menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan event pergantian malam tahun baru 2023.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap bahwa kolaborasi seperti ini dapat terus terjalin untuk menghasilkan program-program yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat," ujar Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata.

"Kami berharap dengan penyelenggaraan pagelaran tutup tahun ini dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat untuk memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya," pungkas Andhika.

Baca juga: Konsep TMII 70 Persen Area Hijau, Kementerian PUPR: Bangunan Tak Diperlukan Kami Bongkar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com