Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Perdagangan BEI 2022, Ma'ruf Amin: Saya Harap Kinerja Pasar Modal Tumbuh Positif pada 2023

Kompas.com - 30/12/2022, 18:08 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022. Dalam sambutannya, Ia berharap kinerja pasar modal pada tahun depan tetap tumbuh positif.

Ma'ruf menyampaikan, hingga penghujung tahun ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencatatkan pertumbuhan positif secara tahun kalender. Tercatat indeks saham acuan BEI  ini tumbuh sekitar 4,09 persen secara tahun kalender hingga penutupan perdagangan Jumat (30/12/2022) ke posisi 6.850,62.

Selain itu, kinerja pasar modal yang positif juga terefleksikan dari kenaikan kapitalisasi pasar dan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH). Tercatat hingga penghujung tahun ini kapitalisasi pasar BEI mencapai Rp 9.529,87 triliun dengan RNTH sekitar Rp 14 triliun.

Baca juga: Tutup Tahun 2022, IHSG Terkoreksi 0,14 Persen

"Berbagai capaian Bursa Efek Indonesia tersebut menjadi pijakan positif bagi pelaku pasar untuk menatap optimis perekonomian 2023," kata Ma'ruf, dalam seremoni penutupan perdagangan 2022, Jumat.

Lebih lanjut Ma'ruf berharap, kinerja positif tersebut dapat berlanjut hingga tahun depan. Harapan ini berlandaskan dengan masih banyaknya pelaku usaha yang berminat menghimpun dana melalui pasar modal.

"Saya berharap kinerja pasar modal Indonesia tumbuh positif pada tahun 2023," katanya.

Pada saat bersamaan, Ma'ruf berpesan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan pengawasan terhadap pasar modal. Dengan demikian, pertumbuhan kinerja pasar modal akan diikuti dengan pertumbuhan kepercayaan investor.

Baca juga: Kenaikan Suku Bunga dan Inflasi Jadi Biang Kerok Melambatnya Pertumbuhan IHSG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com