Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setop Layanan Pembayaran KRL dan Transjakarta, LinkAja Fokus ke Bisnis Model Dua Sisi

Kompas.com - 04/01/2023, 06:29 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) mengatakan perusahaan sedang fokus untuk memperkuat fundamental bisnis untuk mencapai profitabilitas dan keberlanjutan.

Direktur Utama LinkAja Yogi Rizkian Bahar mengatakan, LinkAja saat ini memfokuskan diri ke bisnis model dua sisi atau two-sided business model (B2B2C).

"Yaitu tidak hanya menghadirkan layanan solusi finansial bagi konsumen Indonesia, tetapi juga menyediakan solusi finansial end-to-end bagi para pelaku rantai pasok (supply chain) baik digital maupun tradisional," ujar Yogi kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: Kerja Sama Tak Diperpanjang, Jadi Alasan LinkAja Tak Bisa Digunakan untuk Bayar KRL Mulai 16 Januari 2023

Ia menambahkan perusahaan juga tetap berfokus pada ekosistem yang berada di dalam BUMN.

Tidak hanya mempermudah transaksi di tataran penjual ritel dan pembeli, Yogi bilang, LinkAja juga mendigitalisasi transaksi dari pihak agen, distributor, hingga tingkat principal (produsen).

"Hingga saat ini, bahkan hingga tahun mendatang, LinkAja masih akan menjajaki serta mempererat kolaborasi dengan BUMN," imbuh dia.

Yogi memproyeksikan perusahaan akan mencetak pertumbuhan positif dari sisi pendapatan dengan sebagaian besar proporsinya berasal dari skema bisnis di ekosistem BUMN, misalnya dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Telkomsel, dan Pertamina.

Sebagai gantinya, kapabilitas LinkAja juga diyakini akan memberikan manfaat bagi BUMN, misalnya digitisasi ekosistem hingga ke tingkat pengecer, akses ke data yang granular untuk mempelajari kebiasaan pengecer.

Baca juga: Pembayaran LinkAja di Transjakarta Ditutup, Direksi: Kerja Sama Belum Dilanjutkan


Sebagai informasi, tahun ini LinkAja menghentikan layanan kerja sama sebagai pemberi layanan pembayaran untuk moda transportasi KRL Commuter Line dan Transjakarta.

Pembayaran LinkAja di moda transportasi Transjakarta telah dinonaktifkan per 1 Januari 2023 dan efektif ditutup secara sistem pada 2 Januari 2023.

Sementara, masyarakat juga tak akan lagi bisa menggunakan LinkAja untuk pembayaran KRL per 16 Januari 2023.

Penghentian pembayaran menggunakan LinkAja berlaku pada gate KRL Jabodetabek dan Yogyakarta-Solo.

Baca juga: LinkAja Tidak Bisa Digunakan untuk Bayar KRL mulai 16 Januari 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com