Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 "Soft Skills" yang Bisa Meningkatkan Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Kompas.com - 05/01/2023, 09:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.com – Kekhawatiran akan resesi dan PHK masih membayangi para pencari kerja di awal tahun 2023, terutama para lulusan baru atau fresh graduate.

Sebuah survei baru-baru ini terhadap 1.000 lulusan AS berusia antara 18 dan 54 tahun dalam 12 bulan terakhir menunjukkan bahwa banyak kekhawatiran akan kesiapan mereka di dunia kerja.

Hampir setengah dari fresh graduate mengatakan, mereka tidak melamar pekerjaan tingkat pemula karena merasa tidak memenuhi syarat.

“Salah satu tantangan yang mungkin dihadapi fresh graduate adalah kurangnya pengalaman saat memasuki dunia kerja,” kata Pooja Chhabria, pakar karir dan kepala editorial untuk Asia-Pasifik di LinkedIn mengutip CNBC, Kamis (5/1/2023).

Baca juga: Daftar Lowongan Kerja Bulan Januari 2023, dari Pegadaian hingga BRI

Chhabria menilai, hard skill tetap penting untuk mendapatkan pekerjaan, namun soft skill atau keterampilan lunak juga dapat membantu kandidat lebih menonjol dari yang lain.

Hard skill dapat membantu Anda mendapatkan perhatian perekrut, tetapi soft skill dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan,” tambah Chhabria.

Hard skill adalah keterampilan teknis yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda melamar menjadi seorang profesional penjualan, maka Anda harus memiliki pengetahuan tentang proses penjualan dan cara menggunakan platform,” katanya.

"Tapi, Anda juga membutuhkan soft skill seperti keterampilan presentasi untuk memberikan promosi penjualan yang hebat kepada pelanggan Anda atau keterampilan komunikasi sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan percaya diri dengan tim dan pelanggan Anda,” tambahnya.

Chhabria merinci, terdapat lima soft skill teratas yang harus difokuskan fresh graduate untuk membangun karirnya di tahun 2023:

Baca juga: Pegadaian Buka 6 Lowongan Kerja, Pendaftarannya Ditutup 10 Januari 2023

1. Komunikasi

Mampu mengomunikasikan ide, pandangan, dan pendapat Anda secara ringkas sehingga orang dapat memahami apa yang Anda bagikan.

2. Manajemen waktu

Dengan munculnya metode kerja jarak jauh, manajemen waktu menjadi semakin penting untuk membangun kepercayaan dengan atasan Anda dan menunjukkan nilai yang Anda tambahkan ke tim.

3. Pemikiran kritis

Kemampuan untuk memahami dan mengatasi situasi berdasarkan semua fakta dan informasi yang tersedia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com