Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Jangka Panjang: Definisi, Contoh, Risiko, dan Tipsnya

Kompas.com - 07/01/2023, 11:51 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kerap mendengar istilah investasi jangka panjang? Investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang ditujukan untuk dapat menghasilkan dalam jangka waktu yang panjang. Banyak contoh investasi jangka panjang.

Berbeda dengan investasi jangka pendek yang biasanya bisa dicairkan dan diperoleh hasilnya dalam hitungan bulan atau kurang dari setahun, investasi jangka panjang umumnya baru bisa dinikmati hasilnya setelah beberapa tahun.

Dikutip dari Nerdwallet, biasanya, jangka waktu investasi jangka panjang adalah berkisar dari 5 tahun ke atas. Tujuan investasi jangka panjang adalah untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang akan muncul di masa mendatang.

Definisi investasi jangka panjang juga bisa mengacu pada investasi yang dilakukan dalam kurun waktu setidaknya di atas 1 tahun.

Baca juga: Cara Investasi Saham untuk Pemula, Tahapan hingga Modal

Tujuan investasi jangka panjang

Sesuai namanya, tujuan investasi jangka panjang adalah mengharapkan keuntungan dalam jangka panjang. Pemilihan waktu ini tergantung kepada investor, apakah 2 tahun, 3 tahun, atau di atas 5 tahun.

Karena hal ini berkaitan dengan pemilihan instrumen investasi dan profil risiko yang berbeda-beda setiap individunya.

Apabila investasi ditujukan untuk kebutuhan pribadi, maka investasi jangka panjang bertujuan untuk mewujudkan target yang membutuhkan biaya besar, seperti dana pendidikan, dana pensiun, dana berangkat haji atau umrah, dan lain-lain.

Selain itu, investasi juga bertujuan memberi pendapatan dalam periode tertentu seperti dividen, bunga, royalti, dan sebagainya.

Investasi jangka panjang adalah investasi di atas 1 tahun, contoh investasi jangka panjang antara lain reksa dana, saham, logam mulia, dan properti. Muhammad Idris/Money.kompas.com Investasi jangka panjang adalah investasi di atas 1 tahun, contoh investasi jangka panjang antara lain reksa dana, saham, logam mulia, dan properti.

Baca juga: Apa Itu Investasi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Secara umum, berikut ini tujuan investasi jangka panjang:

1. Mendapatkan keuntungan di masa depan

Salah satu tujuan investasi jangka panjang adalah untuk mendapatkan kepastian dana dan keuntungan di masa depan bagi kebutuhan yang spesifik.

Kebanyakan orang menggunakan investasi semacam ini untuk dana pensiun atau keperluan lain seperti dana pendidikan anak hingga kepemilikan aset dengan pengeluaran cukup besar seperti rumah atau kendaraan.

2. Passive income

Melalui bentuk investasi jangka panjang, maka diharapkan bisa didapatkan keuntungan pasif secara berkala dalam kurun waktu tertentu.

3. Menghindari risiko

Jenis investasi ini juga memiliki tujuan untuk menghindari risiko yang lebih besar. Karena investasi dalam jangka waktu yang lebih lama biasanya cenderung lebih stabil dan aman.

4. Pengelolaan keuangan

Tujuan lainnya yaitu membantu mengelola keuangan lebih optimal untuk kebutuhan di masa mendatang.

Baca juga: Investasi Jangka Pendek: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Contoh investasi jangka panjang

1. Saham

Contoh investasi jangka panjang pertama yaitu saham. Saham adalah jenis investasi yang cukup populer baik untuk investasi jangka panjang ataupun pendek, tergantung dari kebutuhan. Saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan seseorang di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Jika Anda memiliki saham, maka sudah bisa disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar porsi kepemilikannya.

Saham dibagi menjadi 2 jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa merupakan keterangan kepemilikan sesungguhnya dari sebuah perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com