Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Tips Sukses Jadi Pebisnis Digital

Kompas.com - 10/01/2023, 08:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Era digital saat ini menciptakan peluang yang tak terbatas untuk jadi wirausaha. Hal tersebut dirasakan oleh Lilyana, seorang wirausahawan yang menjual perlengkapan bayi di platform online.

Lilyana juga merupakan pemimpin komunitas penjual Lazada Club (city leader) asal kota Balikpapan. Selama enam tahun belakangan, ia menekuni dan bertransformasi dari seorang ibu rumah tangga menjadi wirausahawan yang sukses.

Selama enam tahun ini, Lilyana mendalami berbagai pengetahuan terkait pemasaran online, baik melalui pelatihan ataupun melalui rekan selama penjual yang juga meraup sukses.

Baca juga: Jurusan Bisnis Digital: Ini yang Dipelajari hingga Prospek Kerjanya

Lilyana memulai bisnisnya dari pengalamannya sebagai ibu baru kala itu, yang membutuhkan banyak perlengkapan kebutuhan bayi.

Pengalaman sulitnya mencari suku cadang (spare part) pompa Air Susu Ibu (ASI) kala itu memberikan inspirasi untuk membantu para ibu baru yang mungkin memiliki kesulitan yang sama.

Dengan menjadi penjual spare part pompa ASI dan produk pendamping kebutuhan bayi lainnya, Lilyana berharap bisa membantu para ibu yang tersebar dari berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Pebisnis Online, Berikan 3 Layanan Berikut agar Konsumen Puas dan Setia

 


Berikut ini adalah lima tips dari Lilyana untuk dapat sukses dalam menjadi wirausahawan digital.

1. Gali Passion untuk Inspirasi Produk Jualanmu

Banyak penjual mungkin akan menawarkan produk yang sama. Seorang wirausahawan harus benar-benar paham tentang produk yang dipasarkannya agar ia bisa menciptakan cara penawaran produk yang unik dan berbeda, untuk bisa menarik perhatian pelanggan.

Coba pikirkan apa yang menjadi passion seorang wirausahawan, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk produk jualanmu. Atau cari tahu apa yang dibutuhkan oleh komunitas sekitar. Kalau wirausahawan bekerja dengan passion, bisa dipastikan kamu akan lebih senang untuk terus belajar dan menjalani usaha barumu.

2. Berikan Penawaran Unik dengan Harga Kompetitif

Pemahaman mendalam akan produk yang akan dijual sangat penting. Menampilkan hasil riset pasar membuat penjual lebih mudah menggali strategi untuk menjual produkmu secara unik dan berbeda, termasuk untuk menawarkan harga yang kompetitif.

Meski harga sering kali menjadi faktor utama penentu pembelian, tapi menampilkan keunggulan dan kualitas produk juga menjadi faktor apakah pelanggan jadi membeli atau bahkan menjadi pelanggan loyal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com