Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas Mau Buka Hypermart UMKM di Arab Saudi hingga Amerika Latin

Kompas.com - 19/01/2023, 17:40 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) berencana akan membangun pasar modern semacam hipermarket di Arab Saudi untuk memasarkan produk UMKM Indonesia. 

Menurut dia, Arab Saudi merupakan negara potensial untuk menjajakan produk UMKM Indonesia dan lantaran banyak di datangi wisatawan.

"Kita ini masih dilihat dipandang sebelah mata padahal yang banyak datang ke sana itu orang kita yang pakai orang kita, yang belanja orang kita, duitnya dari kita. Secara kunjungan masyarakat Indonesia arab saudi itu meningkat sekarang sudah hampir 2 juta beberapa tahun mendatang diperkirakan sampai 5 juta. Itu pasaran sangat pesat di sana itu," ujar Mendag saat memberi sambutan di acara Rapat Kerja Bappebti, Jakarta (19/1/2023).

Baca juga: Mendag: Jika Ekosistem UMKM Terbangun, Ekonomi Akan Merangkak Naik

"Besok saya akan datang ke sana kita usahakan untuk membuka gerai seperti hypermart di Mekah, Madinah dan Jeddah agar nanti para usaha UMKM kita bisa kirim barang ke sana dengan mudah," sambung Mendag Zulhas.

Menurut dia inisiatif ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta adanya pengembangan pasar baru selain pasar tradisional.

Bukan hanya Arab Saudi,  Zulhas bilang dirinya akan ke Mesir dan Pakistan untuk melakukan terobosan yang serupa lantaran potensi pasarnya yang juga besar.

"Perdagangan Indonesia di Paskistan hampir tembus 3 miliar dollar AS," imbuhnya.

Kemudian, pihaknya juga berencana akan berlanjut ke Nigeria, Maroko, Bangladesh, India, Eropa Timur, Eropa Selatan, Eropa tengah dan sampai ke Amerika Latin.

"Jadi, negara-negara yang kita pandang sebelah mata itu ternyata surplus kita luar biasa besarnya saudara- saudara. Oleh karena itu akan kita tingkatkan," kata Mendag Zulhas.

Oleh karena itu, menurut Mendag, di tahun 2023 ini Kementeriannya mempunyai dua pekerjaan yaitu membenahi perjanjian dagang dan melakukan kunjungan misi dagang ke negara-negara tersebut.

"Kalau kita ingin menjadi negara maju di 2045 memang harus menguasai belahan dunia yang saya sebutkan tadi, yang hari-hari ini pasar itu dikuasai oleh Vietnam dan India. Kalau kita tidak masuk sekarang kita akan terlambat," pungkasnya.

Baca juga: Mendag Zulhas Perintahkan Bulog Segera Salurkan Beras Impor, Harga Rp 8.200

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com