Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Top-Up" Saldo E-Money via Tokopedia "Error", Manajemen: Ada Kendala Sistem

Kompas.com - 23/01/2023, 12:45 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan pengisian saldo uang elektronik Mandiri atau e-money lewat Tokopedia masih belum pulih hingga saat ini.

Berdasarkan penelusuran di Twiiter sudah banyak warganet atau netizen yang mengeluhkan hal tersebut sejak 2 Januari 2023 yang lalu.

"@TokopediaCare kemarin 2 jan 2023 saya topup emoney via nfc tp gabisa langsung update saldo (muncul notif gangguan). sementara di email dan history tokped langsung masuk berita topupnya sukses. barusan saya berhasil update saldo namun ternyata ngga masuk saldonya. bagaimana ini?" tulis akun Twitter @nxvxm pada 3 Januari 2023. 

Baca juga: Transaksi Belanja Dilayani Tokopedia Naik 2,5 Kali Lipat Sepanjang 2022 

Kompas.com pun mencoba mengisi saldo e-money lewat aplikasi Tokopedia pada Senin, 23 Januari 2022. Tapi ternyata, transaksinya masih error.

"Mohon maaf sedang ada gangguan pada fitur update saldo. Silahkan coba melalui ATM Mandiri," bunyi pemberitahuan yang muncul pada saat bertransaksi.

Baca juga: Resmi Naik, Cek Daftar Biaya Layanan Tokopedia Seller 2023

Ada kendala sistem

Menanggapi hal tersebut, Head of Sales and Operation Development (Digital Goods) Tokopedia Jonathan Gilbert Tricahyo mengamini bahwa hingga saat ini pengisian saldo e-money lewat Tokopedia masih belum bisa digunakan lantaran adanya kendala sistem.

"Layanan top-up e-money pada platform aplikasi Tokopedia saat ini tidak dapat digunakan untuk sementara waktu dikarenakan kendala sistem. Saat ini, kami terus bekerja sama dengan mitra strategis untuk menyelesaikan hal tersebut dan akan segera menginformasikan apabila layanan sudah dapat digunakan kembali," ujar Jonathan saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/1/2023).

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan berterima kasih atas pengertian pengguna," sambungnya.

Baca juga: Pengguna Tokopedia Keluhkan Voucher Cashback dan Bebas Ongkir Tak Bisa Dipakai Bersamaan, Ini Tanggapan Manajemen

Alur Update Saldo Uang Elektronik

Sementara itu mengutip dari halaman resmi Tokopedia, berikut hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu belum menerima saldo setelah melakukan transaksi.

1. Siapkan kartu Uang Elektronik kamu

2. Buka halaman Uang Elektronik Tokopedia

3. Pilih jenis kartu, isi nomor kartu dan pilih nominal

4. Apabila transaksi berhasil, selanjutnya kamu dapat melakukan update saldo Uang Elektronik di:

- Tokopedia, untuk pengguna dengan device yang memiliki fitur NFC

- ATM Mandiri, ATM BRI, dan ATM BNI

- Gerai Retail seperti Indomaret dan Alfamart.

Mohon agar menunggu 1x24 jam hari Kerja setelah melakukan transaksi. Jika ada kendala pada salah satu media di atas, silakan update saldo Uang Elektronik dengan media yang lainnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com