Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stafsus Erick Thohir: Nilai Tes Bahasa Inggris Tak Hanya Jadi Patokan untuk Lulus Rekrutmen Bersama BUMN

Kompas.com - 23/01/2023, 15:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengungkapkan, dalam Rekrutmen Bersama BUMN, bukan hanya nilai tes Bahasa Inggris saja yang menjadi dasar kelulusan.

Dia bilang, nilai peserta yang mengikuti tes rekrutmen bersama BUMN, akan digabung, dengan nilai TKD dan Akhlak. Hal ini merespons adanya cuitan di Twitter yang mengungkapkan kekecewaannya lantaran memiliki nilai Bahasa Inggris tinggi, namun tak lulus Rekrutmen Bersama BUMN.

“Untuk kelolosan online test 2 berbeda dengan online tes 1 yang memang hanya berdasarkan nilai TKD dan Akhlak peserta,” kata Arya kepada wartawan, Senin (22/1/2023).

Baca juga: Soal Joki di Rekrutmen Bersama, Stafsus Menteri BUMN: Pak Erick Kecewa...

Arya mengatakan, kelulusan perserta juga didasari oleh hasil verifikasi berkas lamaran peserta, hingga profil peserta. Selain itu, perusahaan BUMN juga memiliki preferensi masing-masing untuk calon pekerjanya.

“Untuk online tes 2, tidak hanya nilai tes Bahasa Inggris yang dijadikan dasar kelulusan, melainkan digabung juga dengan nilai online tes 1, hasil verifikasi berkas dan preferensi masing-masing BUMN setelah melihat profil peserta sehingga memang ada yang rankingnya lebih rendah namun malah lolos,” terangnya.

Baca juga: 2 Cara Cek Hasil Tes TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

Arya juga mengucapkan terimakasih atas respon dari banyak peserta dan masyarakat terkait penyelenggaraan Rekrutmen Bersama BUMN. Hal ini menunjukkan, proses rekrutmen BUMN dilakukan secara transparan.

“Kita berterimakasih atas respon-respon dari peserta dan masyarakat dan menunjukkan bahwa proses masuk BUMN semakin transparan dan bisa diakses oleh publik,” tegasnya.

Baca juga: Hasil Tes TKD dan Akhlak Rekrutmen Bersama BUMN Diumumkan, Cek di Sini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com