Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agenda Internasional Dorong Tingkat Hunian The Nusa Dua Bali Tumbuh 197 Persen di 2022

Kompas.com - 23/01/2023, 17:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, sektor pariwisata di Indonesia mulai pulih. Hal ini ditunjukkan melalui kenaikan tingkat hunian rata-rata hotel berbintang Januari – November 2022 yang mencapai 46,76 persen, naik dari 34,68 persen pada periode Januari-November 2021.

Pemulihan tingkat hunian rata-rata hotel juga berlaku di destinasi pariwisata The Nusa Dua yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia.

“Tingkat hunian (occupancy rate) The Nusa Dua selama Januari-Desember 2022 tercatat meningkat sebesar 197 persen menjadi 49,46 persen, dibandingkan tingkat tahun 2021 yang hanya mencapai 16,63 persen,” kata Ari dalam siaran pers, Senin (23/1/2023).

Baca juga: BUMN Bangun Hotel di Kota Lama Semarang, Erick Thohir Sebut untuk Dongkrak Pariwisata

Ari mengatakan, di 2022 lalu merupakan tahun pemulihan pariwisata di Indonesia setelah dihantam pandemi selama dua tahun. Pemulihan ini juga terlihat melalui occupancy rate The Nusa Dua tahun 2022 yang tumbuh melesat, hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2021, dan sedikit lebih tinggi dari tingkat hunian rata-rata nasional.

“Tingginya intensitas penyelenggaraan event di The Nusa Dua baik event nasional maupun internasional, menjadi salah satu faktor pemulihan occupancy rate di kawasan kami pada tahun 2022,” lanjut Ari.

Ari menambahkan, beberapa event Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) berskala internasional juga sukses digelar di kawasan The Nusa Dua, seperti Presidensi G20 2022, Indonesia Esports Summit 2022, AIS 6th Senior Official Meeting & 4th Ministerial Meeting, dan The 15th Bali Democracy Forum.

Baca juga: Erick Thohir Dorong BUMN Revitalisasi Aset-aset Pariwisata

Sejumlah kegiatan event musik dan gaya hidup yang berlangsung di The Nusa Dua seperti Univlox Lite Nite Vol. 4 dan Road To Now Playing Fest 2023 tercatat mampu menarik kunjungan wisatawan ke kawasan.

Ari menjelaskan, selama tahun 2022, tingkat hunian kawasan The Nusa Dua cukup stabil baik di masa high season hingga low season. Pada bulan Juli – November 2022 rata-rata tercatat di atas 60 persen. Bahkan pada bulan Desember 2022, tingkat hunian rata-rata hotel di kawasan The Nusa Dua mencapai 70,68 persen.

Capaian Desember 2022 ini merupakan pertumbuhan terbesar dan hampir sama dengan kondisi sebelum pandemi dimana occupancy rate Desember 2019 sebesar 72,93 persen. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara ke The Nusa Dua sepanjang tahun 2022 tercatat sebesar 379.504 orang, tumbuh 168 persen dibanding tahun 2021 yang mencapai 21.295 orang.

“Kami optimis menyambut tahun 2023, apalagi pemerintah telah resmi mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir tahun lalu. Dengan adanya sejumlah agenda event yang akan berlangsung selama 2023 ini kami percaya akan membantu upaya kami dalam menjaga tren positif kunjungan wisatawan ke The Nusa Dua dan terus menjaga momentum kebangkitan pariwisata,” tambah Ari.

“Kami juga membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menambah intensitas event-event di The Nusa Dua sehingga dapat menambah daya tarik kawasan,” tegas Ari.

Baca juga: Genjot Pariwisata, Kemenhub Siapkan 2 Kapal Bottom Glass di Likupang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com