Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Domestik dan Asing Kumpul di MIF 2023, Bahas Strategi Bisnis ke Depan

Kompas.com - 24/01/2023, 14:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kembali menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 pada 1 Februari 2023 secara hybrid di Hotel Fairmont, Jakarta. MIF 2023 akan menekankan mengenai kebijakan hilirisasi industri dan upaya peningkatan nilai tambah.

Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, forum ini digelar untuk memahami bagaimana kondisi ekonomi global dan Indonesia terkini. Selain itu, memahami strategi bisnis ke depan sejalan dengan prospek ekonomi Indonesia yang tetap kuat di tengah ketidakpastian global yang masih berlanjut.

MIF 2023 mengangkat tema Prevailing Over Turbulence sejalan dengan optimisme Indonesia untuk tetap tumbuh kuat dan mampu mengarungi berbagai tantangan di tengah turbulensi ekonomi global saat ini.

Baca juga: Meningkatkan Investasi untuk Mengembangkan Transportasi Nasional

"Kami ingin menyumbangkan pemikiran kepada stakeholders bahwasannya apa pun tren ekonominya, apa pun situasi pasarnya, Indonesia at least survived tapi harus bisa memenangkan," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (24/1/2023).

Forum ini sekaligus menjadi ajang sinergi dan kolaborasi antara investor, pelaku usaha, dan pemangku kebijakan dalam menangkap peluang pertumbuhan dan investasi yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ditargetkan akan ada 9.840 investor domestik, 518 investor asing, 36 peserta dari kedutaan besar, 19 peserta dari foreign chamber of commerce, 104 peserta dari organisasi internasional, 402 peserta dari pemerintah Indonesia, dan 338 peserta dari kampus dan lembaga penelitian yang mengikuti acara ini.

Baca juga: Didukung Investor Jepang, MRT East West Balaraja-Cikarang Terus Dikebut


"Yang sudah terdaftar sampai dengan tadi malam lebih dari 21.000, angka tepatnya adalah 21.630 partisipan yang register kepada Mandiri Investment Forum," ucapnya.

Target MIF 2023

Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas Silva Halim menambahkan, MIF 2023 dapat menjadi wadah bagi investor asing dan domestik untuk mendapatkan informasi lengkap yang dapat membantu menavigasi pertumbuhan bisnis lebih kuat dan berkelanjutan di Indonesia.

Untuk MIF 2023, Mandiri Sekuritas melalui sesi Site Visit dan Corporate Day akan menghadirkan lebih dari 150 investor, yang berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Hong Kong, Taiwan, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat (AS), dengan total dana kelolaan sebesar sekitar 12 triliun dollar AS.

Baca juga: Emas Diprediksi Jadi Primadona Investasi pada Tahun 2023

"Sampai hari ini tercatat total investor yang akan hadir di corporate day dan juga site visit itu lebih dari 150 investor di mana 42 persennya adalah asing," ungkap Silva.

Sebagai informasi, rangkaian MIF 2023 dimulai pada 30 Januari dengan site visit dan corporate day di mana para investor dapat melihat dan berdiskusi langsung dengan perusahaan terpilih. Event ini akan mempertemukan secara online listed companies dengan investor institusi baik domestik maupun internasional.

MIF 2023 kemudian akan dilanjutkan dengan Macro Day yang merupakan forum utama ajang ini pada tanggal 1 Februari 2023.

Pada hari berikutnya, tanggal 2 Februari juga akan diselenggarakan Investment Day bekerja sama dengan Kementerian Investasi. Topik yang dibahas dalam Investment Day adalah Peluang Investasi di Ibu Kota Negara dan Peluang Investasi pada Energi Baru Terbarukan atau renewable energy.

Baca juga: Ramai Warganet Keluhkan Tamasia, Kenali Lagi Ciri-ciri Investasi Bodong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com