Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi TKDN, Anak Usaha M Cash Gandeng PT Xacti Indonesia

Kompas.com - 25/01/2023, 18:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk, V2 Indonesia yang berfokus pada solusi digital audio visual dan Connecting Immersive Experience menggandeng PT Xacti Indonesia yang bergerak di bidang teknologi bonding sensor untuk pengembangan perangkat hardware LED dan Videotron.

Melalui kerja sama ini, V2 Indonesia memproduksi kebutuhan teknologi bonding sensor dan Mounting Printed Circuit Board (PCB) melalui proses Surface Mount Technology (SMT) atau perakitan elektronik yang digunakan untuk memasang komponen elektronik ke permukaan papan sirkuit cetak (PCB), yang terdapat di industri penyedia jasa LED dan videotron.

Sebelumnya sejak 2010, V2 Indonesia sendiri telah menjual berbagai kebutuhan LED untuk berbagai pasar vertikal termasuk untuk kebutuhan Command Center, Meeting Room, Digital Out of Home (DOOH), seperti Digital Signage, Digital Banner, Kiosk, Videotron di berbagai pusat perbelanjaan, pemerintahan, kantor, merek ritel, dunia hiburan, dan lainnya..

Baca juga: PLN Tuntaskan 13 PSN di Sumatera dengan TKDN di Atas 70 Persen

“Tujuan utama dari kerja sama ini adalah untuk menyediakan pelanggan dengan solusi tampilan LED buatan dalam negeri yang kompetitif dengan memanfaatkan teknologi manufacture dari PT Xacti Indonesia dan menjadikan V2 Indonesia sebagai pemain terkemuka di pasar bisnis LED Indonesia,” kata Rudi Hidayat CEO V2 Indonesia dalam siaran pers, Rabu (25/1/2023).

Rudi mengatakan, dengan kerja sama ini V2 Indonesia secara tidak langsung mendukung aturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Hal ini sejalan dengan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk meningkatkan kemajuan dan produktivitas nasional.

“Selain itu kami juga telah memiliki pusat layanan penjualan di semua lini bisnis dan strategi marketing program untuk memberikan solusi di sektor digital teknologi hardware dan software di seluruh Indonesia,” ujar Rudi.

Baca juga: Soal Kasus Meikarta, DPR Akan Panggil Bos Lippo James Riady

Adapun bentuk kerja sama dari kedua perusahaan ini meliputi sistem pengembangan yang menjamin kualitas produksi hardware LED dan Videotron di pasaran tanah air menjadi lebih tinggi melalui kolaborasi kuat antara departemen pengembangan dari V2 Indonesia dengan departemen manufaktur dari PT Xacti Indonesia.

Dengan kerja sama tersebut, V2 Indonesia akan terlibat langsung mulai dari pembentukan SOP manufacture, ide produk desain, management sistem sampai ke Quality Control (QC) untuk menunjang produksi LED dan Videotron yang berkualitas yang nantinya bisa dimulai di kuartal ke dua di tahun 2023.

Yoshikiyo Morikawa Presiden Direktur PT Xacti Indonesia mengatakan, dalam tahapan produksi masal nantinya setiap produk yang dihasilkan akan melalui pengawasan dari Departemen Quality Assurance (QA).

“Kolaborasi ini diharapkan dapat segera diimplementasikan dengan memanfaatkan core business masing-masing untuk memberi kontribusi bagi kedua perusahaan agar dapat lebih maju lagi,” ungkap Yoshikiyo.

Baca juga: Naik 42 Persen, Pengguna DANA Tahun 2022 Tembus 135 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com