Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Magang di Luar Negeri, mulai Gaji yang Layak hingga Tambah Pengalaman Kerja

Kompas.com - 25/01/2023, 18:40 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Magang ke luar negeri seperti Jepang adalah salah satu jembatan untuk meningkatkan keterampilan melalui bimbingan oleh ahlinya secara langsung di Jepang.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi, setidaknya ada tiga manfaat yang akan dirasakan langsung oleh para pemagang.

Pertama, insentif atau penghasilan yang layak. Kedua, pertemanan yang dapat menjadi jejaring untuk mengarungi masa depan. Ketiga, pengalaman kerja.

Baca juga: Korea Selatan Buka Peluang Magang Bagi Tenaga Kerja Indonesia

"Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ada banyak kisah-kisah sukses dari kenshushei (magang di Jepang)," katanya dalam siaran pers Kemenaker, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut kata Anwar, begitu besarnya manfaat magang di luar negeri tentunya juga sebanding dengan tantangan yang tidak mudah. Utamanya terkait adaptasi dengan budaya setempat.

"Di sana kita akan dididik untuk dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. Untuk itu, Anda harus bisa adaptasi dengan bahasa dan budaya setempat," katanya.

Baca juga: 13 BUMN Buka Program Magang Selama 3 Bulan, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, selama ini Indonesia telah menjalin kerja sama bidang pemagangan dengan beberapa negara sebagai upaya peningkatan keterampilan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, serta mengisi kebutuhan tenaga kerja terampil di negara tujuan pemagangan.

Indonesia telah melakukan kerja sama program magang di luar negeri dengan beberapa negara mitra yaitu Jepang, Qatar, dan Australia. Indonesia juga merupakan negara peringkat ketiga sebagai negara pengirim peserta magang setelah Vietnam dan China.

Baca juga: Austria Buka Lowongan Kerja, Butuh 250.000 Tenaga Magang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com