Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BTPN Telah Salurkan Pembiayaan "Hijau" Senilai Rp 6,7 Triliun

Kompas.com - 25/01/2023, 20:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk telah menyalurkan kredit sekitar Rp 6,7 triliun hingga September 2022 untuk membiayai sektor-sektor usaha yang berkelanjutan.

Direktur Utama Bank BTPN Henoch Munandar mengatakan, penyaluran kredit itu merupakan upaya perseroan untuk mengembangkan ekonomi hijau sesuai dengan agenda pemerintah melalui pembiayaan sektor-sektor ramah lingkungan.

"Komitmen kami hingga September 2022, kami telah menyalurkan hampir Rp 6,7 triliun untuk membiayai berbagai kegiatan bisnis berkelanjutan seperti yang ditetapkan oleh POJK 51," ujarnya saat media gathering di Blue Jasmine Resto, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: BTPN dan SMBC Beri Pembiayaan Hijau Rp 1,4 Triliun ke PLN

Dia merincikan dana kredit itu disalurkan untuk energi terbarukan sebesar Rp 1,97 triliun dan sumber daya alam hayati dan lahan berkelanjutan sebesar Rp 3,1 triliun.

Kemudian disalurkan juga untuk mebiayai transportasi ramah lingkungan sebesar Rp 340 miliar dan untuk properti hijau sebesar Rp 760 miliar.

"Ini merupakan suatu gambaran dari komitmen berkelanjutan Bank BTPN dalam mendukung program pemerintah kita maupun juga secara global tentang concern terhadap lingkungan yang perlu kita pertahankan ekosistem tersebut," ucapnya.

Baca juga: Perluas Segmen Nasabah Jadi Strategi BTPN Hadapi Potensi Resesi di 2023


BTPN juga telah menyalurkan pembiayaan hijau senilai 93,75 juta dollar AS, atau Rp 1,46 triliun kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), untuk mendukung aktivitas PLN dalam melakukan transisi energi menuju energi terbarukan sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Selain itu, perseroan juga menyalurkan fasilitas pinjaman kepada PT Kepland Investama sebesar Rp 1,06 triliun untuk pembiayaan pembangunan properti yang ramah lingkungan.

"Ini merupakan suatu value proposition juga dari BTPN bagi nasabah kami yang tertarik untuk mendapatkan pembiayaan untuk properti yang kita sebut dengan industri pembangunan infrastruktur yang berinovasi dengan green energy," tuturnya.

Baca juga: Tumbuh 18 Persen, Laba Bersih Bank BTPN Capai Rp 2,41 Triliun hingga Kuartal III 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com