Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos BRI Ungkap Pemilu 2024 Akan Kerek Penjualan UMKM

Kompas.com - 26/01/2023, 12:15 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mengungkapkan, perhelatan pemilihan umum (pemilu) dapat memberikan dampak yang positif bagi sektor bisnis UMKM. Hal ini berdasarkan riset internal BRI.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, diperkirakan dampak positif dari Pemilu 2024 akan mulai dirasakan oleh sektor UMKM, bahkan satu tahun sebelum pemilu diselenggarakan.

Hasil riset BRI terhadap pelaku UMKM menunjukkan, satu tahun sebelum Pemilu 2023 atau tahun ini, sekitar 31,4 persen responden memperkirakan penjualannya naik. Sementara pada tahun 2024, 26,1 persen responden memperkirakan penjualannya naik.

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Rp 21,86 Triliun untuk Persiapan Pemilu 2024

Lebih lanjut, hasil survei ini sejalan dengan model ekonometrika dampak pemilu terhadap perekonomian Indonesia di mana satu tahun sebelum pemilu berdampak 0,32 persen terhadap pertumbuhan PDB, sementara di tahun pemilu berdampak 0,23 persen terhadap pertumbuhan PDB.

"Ternyata pemilu cenderung memberikan dampak positif terhadap omzet penjualan dari pelaku UMKM, terutama satu tahun sebelum pemilu," ujarnya saat membuka acara BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: ASN Jadi Panitia Pemilu, Wapres Maruf Amin: Harus Tetap Netral

 


Namun, riset BRI tersebut tidak merincikan optimisme pelaku UMKM ini disebabkan apa. Umumnya, saat pemilu berlangsung akan ada banyak perputaran ekonomi, seperti berupa pencetakan spanduk, kaus, dan atribut kampanye lainnya.

"Nanti akan diteliti lebih dalam apa karena banyak mencetak spanduk atau mencetak kaus, atau apa itu ya saya enggak tahu. Ternyata itu memberikan dampak yang positif bagi pelaku UMKM. Kalau begitu, nanti kalau nyetak spanduk jangan di pabrik ya, di UMKM saja," jelasnya.

Baca juga: Belanja Politik Jelang Pemilu Akan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi RI Rp 119 Triliun pada 2023

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com