Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimalkan "Idle Cash", Perusahaan Bisa Manfaatkan Aplikasi Reksa Dana

Kompas.com - 26/01/2023, 20:17 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan, pemilik bisnis hingga startup kini bisa mengelola "idle cash" atau dana menganggur perusahaan dengan lebih baik melalui aplikasi. Sebelumnya, "idle cash" menjadi permasalahan tersendiri bagi pemilik bisnis lantaran tidak dikelola dengan optimal.

CEO Bibit.id Sigit Kouwagam mengatakan, saat aset perusahaan semakin berkembang, banyak pemilik bisnis yang bingung karena tidak dapat mengoptimalkan "idle cash" tersebut.

"Di sisi lain, pemilik bisnis juga tidak mau mengambil risiko dengan uang perusahaan," kata Sigit melalui keterangannya, Kamis (26/1/2023).

Untuk itu, Bibit.id sebagai aplikasi investasi reksa dana mengeluarkan fitur Bibit Bisnis untuk mengatur "idle cash". Fitur ini membantu perusahaan mengoptimalkan dana lebih mereka ke produk reksa dana yang berkualitas dari berbagai pilihan Manajer Investasi terbaik di Indonesia.

Baca juga: Persiapan Investor Reksa Dana 2023

Dengan berinvestasi di reksa dana, perusahaan bisa mendapatkan return hingga 3-7 persen atas "idle cash" mereka.

Jika ada kebutuhan dana mendadak untuk aktivitas usaha, investasi bisa ditarik kapan saja tanpa dikenakan penalti. Semua dapat dilakukan tanpa minimum dana penempatan, biaya transaksi maupun biaya administrasi.

"Kami berharap fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mendiversifikasikan investasi mereka di instrumen reksa dana,” lanjut Sigit.

Baca juga: Shopee Gandeng Bibit Hadirkan Fitur Investasi Reksa Dana dan Investasi Pintar

Kemudahan, Keamanan, Kenyamanan

Dari segi kemudahan, pengguna Bibit yang selama ini memiliki akun personal dapat menggunakan fitur Bibit Bisnis di aplikasi yang sama dengan hanya satu klik toggle untuk melakukan switch account ke akun Bisnis mereka.

Fitur ini mempermudah para pengguna untuk memonitor portofolio investasi pribadi dan bisnis mereka secara real time.

Dari segi keamanan, para pengguna tidak perlu khawatir karena dana mereka disimpan secara independen di Bank Kustodian yang terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sebagai platform yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bibit menerapkan sistem keamanan berlapis dan memastikan bahwa investasi hanya dapat dicairkan ke akun bank atas nama perusahaan.

Dari segi kenyamanan, para pengguna yang sudah familiar dengan aplikasi Bibit dapat dengan mudah menggunakan fitur Bibit Bisnis. Dengan desain yang sederhana dan user friendly, para pemilik bisnis dapat langsung berinvestasi lewat smartphone mereka.

“Belajar dari perusahaan-perusahaan besar yang memiliki tim profesional untuk menginvestasikan idle cash mereka secara efektif, lewat fitur Bibit Bisnis kini semua pemilik bisnis bisa melakukan hal yang sama,” tutup Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com