Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji CEO Goldman Sachs Dipangkas, Lebih Kecil daripada Bos Morgan Stanley dan JPMorgan

Kompas.com - 30/01/2023, 08:08 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.comGaji CEO Goldman Sachs David Solomon mengalami pemotongan 29 persen menjadi 25 juta dollar AS atau Rp 374,6 miliar (Kurs Rp 14.985 per dollar AS) pada tahun 2022.

Mengutip CNBC, paket gaji Solomon mencakup gaji pokok 2 juta dollar AS dan kompensasi variabel sebesar 23 juta dollar AS berdasarkan pengajuan peraturan baru Goldman. Adapun 70 persen dari paket kompensasi berupa bonus senilai 16,1 juta dollar AS dalam bentuk saham terbatas, sisanya dibayarkan secara tunai.

Meskipun masih menerima gaji yang terbilang cukup besar, namun jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan pendapatan Solomon 2021 yang mencapai 35 juta dollar AS.

Baca juga: Perhitungan Potongan Gaji Tidak Masuk Kerja karena Sakit

Demikian juga pendapatan setahun penuh Goldman yang turun 48 persen menjadi 11,3 miliar dollar AS sepanjang tahun 2022 akibat penurunan tajam bisnis investasi dan manajemen aset.

Pada 2022, Goldman terpukul oleh perlambatan industri dan aktivitas pasar modal. Hal itu akibat dampak kebijakan The Fed yang melakukan kenaikan suku bunga dengan agresif.

Kebijakan The Fed tersebut menyebabkan Goldman terpaksa mengurangi ambisinya dalam pembiayaan konsumen dan memberhentikan hampir 4.000 pekerja dalam dua putaran PHK beberapa bulan terakhir ini.

Sebagai informasi, paket gaji Solomon memiliki nilai yang lebih rendah daripada gaji CEO perusahaan yang bergerak di sektor yang sama, seperti JPMorgan Chase dan Morgan Stanley.

CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon mendapatkan paket gaji di tahun 2022 sebesar 34,5 juta dollar AS, sementara CEO Morgan Stanley James Gorman mendapatkan paket gaji 31,5 juta dollar AS.

Baca juga: Imbas Kenaikan Suku Bunga, JPMorgan Pangkas Ratusan Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com