Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Erick Thohir soal Rencana IPO Anak Usaha Biofarma

Kompas.com - 02/02/2023, 09:02 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Biofarma (Persero) baru saja mengumumkan rencana spin off anak usahanya di bidang manufaktur. Hal ini disebut-sebut bagian dari rencana perseroan untuk menjadi perusahaan public melalui Initial Public Offering (IPO).

Namun Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan bukan Biofarma yang akan go public, tetapi kemungkinan anak usahnya.

"Biofarma-nya kan enggak go public, (anak usahanya) mungkin," kata Erick saat ditemui di Sarinah Thamrin Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Erick Thohir ke Himbara: Kerja Harus Sat Set, Dorong Digitalisasi

Erick mengatakan aksi korporasi yang dilakukan Biofarma adalah untuk mendorong kemandirian Indonesia pada industri farmasi. Selain itu, rencananya Indonesia akan menjadi hub untuk produksi vaksin hemofilia yang bekerja sama dengan ProFactor.

"Kalau kita bicara vaksin, contohnya adalah (pengembangan) vaksin hemofilia, bersama Inggris. Kita menjadi hub-nya dunia. Enggak apa-apa, kita lakukan aksi korporasi," ungkap mantan Presiden Inter Milan itu.

"Itu hub-nya dunia. Vaksin hemofilia yang bekerja sama dengan ProFactor itu, dibikin di sini (di Indonesia)," kata dia.

Baca juga: Tekan Impor Susu, Erick Thohir Ajak Kerja Sama Frisian Flag


Erick mengatakan, Biofarma tak hanya memproduksi vaksin Covid-19 saja. Lebih dari itu, Erick bercita-cita agar Biofarma juga bisa mengembangkan ekosistem vaksin di tanah air.

"Tapi apa hanya kebutuhan vaksin untuk Covid-19 saja? Kan enggak. Kalau ekosistem vaksin sudah jalan, kan tinggal diganti-ganti isinya, sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Sebelumnya, Biofarma mengumumkan rencana perusahaan melakukan spin off anak usahanya di bidang manufaktur untuk mendukung rencana melakukan Penawaran Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO).

Baca juga: Tekan Impor Susu, Erick Thohir Ajak Kerja Sama Frisian Flag

“Rencananya dalam semester pertama tahun ini,” kata Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Direktur Utama PT Biofarma Honesti Basyir mengatakan, spin off merupakan rencana Biofarma dalam membangun kompetensi baru. Hal ini ditandai dengan pembangunan parbik baru di Karawang sebesar 3,2 hektar.

“Itu memang rencana kita untuk membangun kompetensi baru ya. Kan ada rencana unlock value IPO itu. Jadi kita harus membangun pabriknya. Kita lagi bikin desain planning-nya,” ungkap Honesti.

Baca juga: Erick Thohir Pasang Target Investasi Kementerian BUMN Rp 127 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com