Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Puasa dan Lebaran

Kompas.com - 02/02/2023, 20:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Menurutnya, upaya pengendalian harga-harga komoditas pangan itu terus dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Memang ini kita sudah kami siapkan jauh hari sebelum bulan Ramadan, karena ini penting sekali. Jadi kalau harga naik, maka pemerintah akan bantu subsidi transpornya," ungkapnya saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Mendag Zulhas: Sebelum Juni 2023 RI Bakal Punya Bursa Kripto

Subsidi transportasi dimaksudkan untuk memperingan biaya distribusi. Harapannya, harga jual barang menjadi bisa lebih terkendali karena biaya distribusi yang dibebankan ke konsumen menjadi lebih ringan.

Namun, jika upaya itu dirasa tidak cukup, maka pemerintah akan mensubsidi harga pangan yang mengalami lonjakan harga.

"Kalau naik lagi, maka pemerintah akan bantu subsidi harganya," kata dia.

Zulhas, sapaan akrabnya, menuturkan anggaran untuk subsidi biaya transportasi ataupun harga barang sudah disiapkan pemerintah. Dananya akan menggunakan anggaran dari dana transfer umum (DTU), di mana pemerintah daerah (pemda) wajib membelanjakan sebesar 2 persen untuk pengendalian inflasi.

Baca juga: Soal Reshuffle Kabinet, Mendag Zulhas: Saya Urusannya Cabai, Beras, Minyak Goreng

"Itu dananya dari APBD yang 2 persen, anggaran yang tidak terduga itu, jadi duitnya ada," kata dia.

Ia menambahkan, dalam persiapan jelang bulan puasa dan Lebaran, Kemendag juga telah membentuk satuan tugas (task force) sejumlah komoditas utama untuk mengendalikan pergerakan harganya.

"Saya sudah bikin task force untuk beras, minyak goreng, kedelai, bawang, cabai, itu kami bikin buat persiapan Lebaran," pungkas Zulhas.

Baca juga: Cegah Kelangkaan Minyakita, Mendag Zulhas: Kita Tambah Stok 50 Persen, Jadi 450.000 Ton

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com