Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krakatau International Port Tawarkan Solusi Pengembangan Sektor Logistik dan Pelabuhan di IKN

Kompas.com - 02/02/2023, 21:05 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Chief Executive Officer Krakatau International Port (KIP) mengatakan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya di sektor logistik dan kepelabuhanan. KIP sendiri merupakan anak usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Akbar menyampaikan, saat ini pemerintah lewat Otorita IKN harus melakukan perencanaan usaha bertahap lewat rencana investasi untuk jasa kepelabuhanan dan logistik guna mendukung pembangunan dan pengembangan IKN.

"Ada 3 rekomendasi implementasi jangka pendek dalam mendukung IKN, yaitu perencanaan teknis, penetapan pola komersialisasi, dan efisiensi biaya logistik," ujar Akbar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Space X Tertarik Investasi di IKN, Bahlil Janjikan Proses Cepat

Akbar menambahkan, yang harus dibutuhkan untuk percepatan pembangunan dan pengembangan IKN, bagaimana terjadinya integrasi layanan dari hulu hingga hilir. Mulai dari anchorage area, pandu & tunda, bongkar muat, penumpukan & penyimpanan dan layanan logistik (jasa fasilitas, angkutan, JPL+4PL, ekspedisi dan jasa khusus lainnya.

"Ada beberapa potensi kolaborasi, seperti pelaku maritim dalam negeri antara BUMN dan swasta, kerja sama operasi (domestik dan luar negeri) dan dominan asing di sektor pelayaran pelabuhan. KIP juga sudah mulai melakukan aktivitas usahanya di Pelabuhan Buluminung untuk mendukung IKN, sehingga kami sudah mulai kerja, bukan lagi masih rencana," kata Akbar.

Selain itu, dibutuhkan juga kepastian dari otorita IKN untuk dapat memberikan formasi, serta kebijakan yang mendukung partisipasi pelaku usaha dalam negeri dan luar negeri lewat FDI (Foreign Direct Investment).

Baca juga: Otorita: Lebih dari 100 Orang Tertarik Jadi Investor di IKN

Di sisi lain, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi memaparkan, pemerintah optimitas IKN berjalan lancar dengan berbagai rencana dan target yang telah ditetapkan secara komprehensif oleh presiden dan dukungan investor, serta seluruh masyarakat Indonesia.

"Dalam hal menunjang logistik konstruksi IKN, yaitu Dermaga PT ITCI Hutani Manunggal (IHM), Dermaga PT ITCI Kartika Utama (IKU), Dermaga Jembatan Pulau Balang, Dermaga Lango dan Pelabuhan Buluminung," ujar Ali.

Ali juga menjelaskan saat ini pemerintah sedang menyusun peraturan tentang kemudahan berusaha dan berinvestasi di IKN, yaitu tax holiday untuk investasi, perlakuan khusus di bidang kepabeanan dan cukai, tax holiday untuk relokasi kantor, perlakuan pajak khusus untuk pusat keuangan, deduksi pajak untuk aktivitas pilihan dan perlakuan khusus untuk pajak pertambahan nilai.

Baca juga: Bahlil ke Investor: IKN Ini Barang Bagus, Ibarat Wanita Kampung yang Cantik Belum Dipoles

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com