Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Pertamax Mau Diumumkan Seminggu Sekali, Erick Thohir: Masih Dibahas dengan Menteri ESDM

Kompas.com - 03/02/2023, 07:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, rencana pengumuman harga BBM jenis Pertamax sepekan sekali saat ini tengah dalam pembahasan bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif.

"Kita memang mengusulkan waktu itu ke Pak Arifin, ini masih dibahas sama beliau," kata Erick di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Erick Thohir menambahkan, jika pengumuman tersebut diberlakukan seminggu sekali, pihaknya siap untuk menjalankannya. dia bilang, pengumuman harga BBM seminggu sekali itu baik dilakukan sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat.

Baca juga: Harga BBM Bakal Diumumkan Tiap Minggu, Wamen I BUMN: Kita Lakukan Sosialisasi

"Kalau kita lihat fluktuasi harga minyak itu kan memang bisa dipantau turun dan naiknya. Kalau ini jadi mingguan bagus juga, karena masyarakat bisa mulai merasakan ketika harganya ini turun atau naik, tanpa harus menunggu-nunggu," ungkap dia.

Meskipun mendorong aturan pengumuman harga BBM Pertamax sepekan sekali, namun Erick memastikan pihaknya akan tetap menjalankam penugasan untuk memberikan subsidi bagi BBM jenis solar dan pertalite.

"Tapi bukan berarti pemerintah lari dari penugasannya. Kami memastikan BBM yang bantuan pemerintah apakah solar atau pertalite jumlahnya mencukupi," ujar mantan Presiden Inter Milan itu.

Baca juga: Erick Thohir: Penyesuaian Harga BBM Non-subsidi karena Penurunan Harga Minyak Dunia

Erick Thohir juga tak memastikan kapan aturan tersebut mulai diberlakukan. Namun dia memastikan pihaknya siap menjalankn aturan itu sembari menunggu proses pembicaraan dengan Kementerian ESDM.

"Ya kita tunggu dulu. Kan memang diskusinya sama Kementerian ESDM, kalau kuota kita perlu proses. Kalau kita siap," tegasnya.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Rencana Pemerintah Pangkas Jumlah Bandara Internasional Jadi Tinggal 15

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com