Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyakita Langka, Mendag Janji Tambah Pasokan Jadi 450.000 Ton Per Bulan

Kompas.com - 04/02/2023, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan pasokan Minyakita di pasar rakyat akan ditambah. Hal itu seiring langkanya Minyakita di pasaran.

Dia mengatakan masyarakat akan mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau Rp 14.000 per liter. Hal tersebut dia ucapkan saat meninjau harga dan pasokan bahan pokok (bapok) di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali, Sabtu (4/2/2023).

"Saat ini sebagian besar masyarakat lebih memilih Minyakita karena memiliki kualitas yang bagus sehingga pasokannya perlu ditambah. Untuk itu, Kementerian Perdagangan menambah pasokan Minyakita ke pasar yang sebelumnya 300.000 ton per bulan menjadi 450.000 ton per bulan," kata dia dalam siaran persnya.

Baca juga: Mendag Zulhas Larang Minyakita Dijual via Online, Shopee dkk Kompak Turunkan Produk

Selain itu, pasokan Minyakita untuk ritel modern akan dikurangi dan dialihkan ke pasar rakyat. Satuan Tugas (Satgas) Pangan akan terus melakukan pengawasan harga dan pasokan Minyakita agar tepat sasaran.

"Hingga Lebaran, suplai Minyakita diutamakan untuk pasar rakyat. Minyakita tidak boleh dijual lebih dari harga eceran tertinggi dan akan diawasi Satgas Pangan," kata Zulhas.

Secara umum, kata Zulhas, harga bahan pokok (bapok) di Kota Denpasar terpantau stabil. Lantaran peran pemerintah daerah yang turut menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

Baca juga: Untuk Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Minyakita Malah Langka...


"Pemerintah daerah tanggap dengan terus memonitor harga bapok. Jika harga bapok naik, pemerintah daerah akan membantu biaya logistik. Selain itu, dibantu dalam bentuk subsidi sehingga harga bapok di Denpasar stabil," kata dia.

Berdasar pantauannya di pasar tersebut, harga beras medium tercatat Rp 10.000 per kilogram (kg), beras medium bulog Rp 9.000 per kg, beras premium Rp 13.000 per kg, gula pasir Rp 13.000 per kg, minyak goreng curah Rp 15.300 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp 18.000 per liter, tepung terigu Rp 13.000 per kg.

Daging sapi Rp 110.000 per kg, daging ayam ras Rp 35.000 per kg, telur ayam ras Rp 28.800 per kg, cabai merah keriting Rp 40.000 per kg, cabai merah besar Rp 30.000 per kg, cabai rawit merah Rp 47.000 per kg, bawang merah Rp 37.500 per kg, serta bawang putih Rp 25.000 per kg.

Baca juga: Mahal dan Langka, Ada Apa dengan Minyak Goreng MinyaKita?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com